Sukses

Jelang Pileg dan Pilpres 2024, Kapolda Banten Resmi Diserahterimakan

Jabatan Kapolda Banten resmi diserah terimakan jelang bergulirnya Pileg dan Pilpres 2024.

Liputan6.com, Serang - Jabatan Kapolda Banten resmi diserah terimakan jelang bergulirnya Pileg dan Pilpres 2024. Pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 bakal dilangsungkan kampanye.

Kapolda Banten sebelumnya, Irjen Pol Rudy Heriyanto, resmi diserahterimakan kepada Irjen Pol Abdul Karim, sosok yang tak asing dengan wilayah Banten.

"Mutasi jabatan adalah proses alamiah dalam organisasi, dalam rangka meningkatkan kinerja, promosi dalam sistem pembinaan karier, tour of duty and tour of area, dan dalam rangka mempersiapkan pengamanan Pemilu secara awal," ujar Kombes Pol Didik Hariyanto, Kabid Humas Polda Banten, dalam keterangan resminya, Jumat, (24/12/2023).

Irjen Pol Rudy Heriyanto menjabat sebagai Kapolda Banten sejak 05 Januari 2021 dan akan ditugaskan keluar struktur Polri. Sedangkan Banten tidak asing bagi Irjen Pol Abdul Karim.

Jenderal bintang dua itu pernah bertugas di Polda Banten sebagai Ditreskrimsus pada 2017-2019. Kemudian menjabat sebagai Kapolres Metro Tangerang yang masih masuk kedalam Provinsi Banten, pada 2019.

"Irjen Pol Rudy Heriyanto menjabat Kapolda Banten sejak 5 Januari 2021 dan mendapat jabatan baru sebagai Pati Bareskrim Polri dalam rangka persiapan penugasan luar struktural, dan Irjen Pol Abdul Karim yang sebelumnya menjabat sebagai Karokorwas PPNS Bareskrim Polri diangkat sebagai Kapolda Banten," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kapolri Pimpin Sertijab

Pelantikan dan sertijab Kapolda Banten dilakukan pada Jumat siang, 24 November 2023, sekitar pukul 13.00 wib, di gedung Rupatama Mabes Polri. Pelantikan dan sertijab dipimpin langsung oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Sekitar pukul 13.00 wib, Kapolri memimpin serah terima jabatan Kapolda Banten," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.