Sukses

Peternakan Kambing Kolaborasi Warga dengan TNI di Kota Palu Bantu Penurunan Stunting

Kolaborasi TNI dan peternak kambing di Sulawesi Tengah guna mewujudkan ketahanan pangan dan berkontribusi pada upaya penurunan stunting.

Liputan6.com, Palu - Masyarakat dengan TNI berkolaborasi guna mewujudkan ketahanan pangan khususnya di kawasan Tawaeli, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Kolaborasi antara TNI dan masyarakat itu diwujudkan dengan terbentuknya kelompok peternak kambing 'Central Celebes Farm' di Kelurahan Baiya, Kecamatan Tawaeli, Kota Palu.

Peternakan kambing dipilih lantaran dinilai punya manfaat lebih bagi masyarakat. Terlebih dengan pertumbuhan industri di Sulteng yang terus meningkat dan membutuhkan pasokan daging. 

"Di kawasan industri Morowali misalnya berdasarkan studi kami membutuhkan sedikitnya 30 ton daging untuk konsumsi pekerja, belum lagi permintaan dari kalimantan," kata Direktur Central Celebes Farm, Rabu (1/11/2023).

Sejak tahun 2020 hingga kini kelompok ternak beranggotakan 16 orang itu telah memiliki 125 ekor kambing.

Selain mengembangkan jenis kambing pedaging mereka juga membuat produk susu kambing. Produk susu itu juga menjadi minuman tambahan yang diberikan kepada 28 anak penderita stunting di kelurahan tersebut. 

Uniknya perawatan peternakan juga dibantu prajurit TNI. Bahkan TNI juga memfasilitasi pelatihan bagi peternak. 

Menurut Kasrem 132 Tadulako Sulawesi Tengah, Kolonel Czi Bambang Pranowo, pemanfaatan lahan tidur untuk kegiatan pangan produktif menjadi alasan pihaknya menggandeng warga. 

"Ini bagian dari kebersamaan dengan masyarakat dan dukungan TNI pada upaya swasembada pangan. Kami mendorong lahan-lahan kosong dimanfaatkan untuk pertanian atau peternakan ketimbang menjadi bangunan toko dan lain-lain," kata Kolonel Czi Bambang Pranowo saat meninjau peternakan tersebut.

Peternakan tersebut sendiri menjadi bagian dari Gerakan Nasional Menjaga Ketahanan Pangan yang diinisiasi TNI se-Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.