Sukses

Survei Smartpoll: Elektabilitas Zul-Rohmi Terkuat di Pilgub NTB, Kalahkan Fahri Hamzah

Calon petahana Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkiflimansyah dan Rohmi jadi cagub favorit di Pilkada NTB.

Liputan6.com, Lombok - Smartpoll Indonesia dan NTBsatu merilis hasil survei bertajuk "Kepemimpinan NTB 2023". Hasilnya, pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode 2018-2023 Zulkieflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi) menempati urutan teratas untuk jadi pemenang di Pilgub NTB 2024 mendatang. 

Dari hasil survei tersebut disebutkan bahwa Zulkieflimansyah berada di posisi puncak dengan elektabilitas mencapai 41,6%, disusul Sitti Rohmi Djalilah dengan elektabilitas mencapai 15,5%. Selanjutnya, muncul nama Sekjen Partai Gelora, Fahri Hamzah, dengan elektabilitas 13,6%.

Direktur SPI, Fahrunnisa menjelaskan, survei SPI ini menggunakan rancangan non-probability sampling yang merupakan kombinasi dari convenience, voluntary dan snowball sampling untuk mendapatkan respon partisipasi publik dalam kurun waktu 2 minggu pelaksanaan survei, yaitu pada 11 sampai 24 September 2023.

"Adapun kuisioner survei sebanyak 847 orang, terdiri dari 543 responden laki-laki (64,1%) dan 304 (35,9%) responden perempuan," ujar Fahrunnisa, Senin (30/10).

Pertanyaan kepada responden, jika Pemilu dilaksanakan saat ini, Siapa bakal Calon Gubernur ( Bacagub) yang Anda pilih? Hasilnya, Zulkieflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah masih menjadi bakal calon favorit masyarakat NTB.

Smeentara itu, untuk Elektabilitas Fahri Hamzah sendiri tergolong tinggi. Meskipun hingga saat ini Fahri Hamzah belum menentukan sikap apakah akan maju menjadi kandidat Calon Gubernur NTB ataukah tidak.

Sebelumnya, SPI merilisi tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pasangan Gubernur NTB 2018-2023 Zulkieflimansyah-Sitti Rohmi Djalilah selama 5 tahun

Zul-Rohmi mendapatkan nilai yang baik di mata responden. Sebanyak 85,95% responden merasa puas terhadap kinerja pasangan ini, dengan sangat puas mencapai 31,52% dan yang merasa puas 54,43%. 

Terdapat 12,16% responden yang tidak puas, dan 1,42% responden yang merasa sangat tidak puas, sementara 0,47% responden tidak memberikan penilaian.

Untuk diketahui, pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Zulkieflimansyah– SitI Rohmi Djalilah telah mengakhiri masa jabatannya pada 18 September 2023. Presiden Jokowi melalui Mendagri, Tito Karnavian menunjuk Lalu Gita Ariadi sebagai Penjabat (Pj) Gubernur NTB.

 

Simaklah video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.