Sukses

Ulang Tahun Olymplast, Pandawara Group Bersih-bersih Pemukiman Terapung di Makassar

Pandawara Group mengaku tertantang lantaran baru kali ini mereka bersih-bersih di wilayah pemukiman terapung.

Liputan6.com, Makassar - Pandawara Group bersama ratusan warga menggelar kegiatan bersih-bersih di kampung terapung yang berada di Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu (22/10/2023). Kegiatan bersih-bersih wilayah pesisir Makassar ini dalam rangka ulang tahun Olymplast yang ke-8. 

"Jadi kita disini bersama Olymplast dan dinas terkait juga melibatkan hampir semua elemen masyarakat untuk melakukan suatu kegiatan Clean Up yang memang bertujuan untuk men-trigger ataupun menyadarkan dan semakin menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap lingkungan yang ada di sekitar mereka," kata salah satu personel Pandawara Group, Gilang Rahma, Sabtu (22/10/2023). 

Gilang menjelaskan bahwa pada dasarnya Makassar adalah kota yang indah. Meski begitu tak bisa dimungkiri bahwa setiap kota pasti ada wilayah yang membutuhkan perhatian khusus terutama terkait kebersihan. 

"Menurut beberapa informasi dan laporan wilayah ini adalah wilayah yang membutuhkan perhatian khusus dan harus ditangani sesegera mungkin," jelasnya 

Bagi Pandawara, lanjutnya, bersih-bersih di kampung terapung merupakan pengalaman baru dan langka. Pasalnya selama ini, Pandawara Group lebih banyak melakukan kegiatan bersih-bersih di wilayah sungai dan pantai. 

"Ini pengalaman baru bagi kita. Karena sebelumnya pun kita tidak pernah melakukan Clean Up yang konteksnya itu di bawah pemukiman. Jadi kemarin pada saat kita survei lokasi, kita merasa sedikit kebingungan secara teknis, tapi di sisi lain kita merasa excited dan antusias. Karena biasanya kita kan di sungai atau pantai," aku Gilang. 

Gilang bahkan mengaku kagum dengan antusiasme masyarakat dan pemerintah setempat dalam kegiatan bersih-bersih kampung terapung ini. Pasalnya masyarakat yang ikut serta sebagai volunteer melebihi ekspektasi tim dari Pandawara Group. 

"Hari ini antusias masyarakat keren sekali. Kita pun tidak menyangka antusias masyarakat di Makassar itu luar biasa terhadap lingkungan mereka sendiri," urainya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olymplast Daur Ulang Sampah Plastik

Sementara itu Pimpinan Olymplast Wilayah Makassar, Tansil menjelaskan bahwa kegiatan bersih-bersih kampung terapung ini merupakan rangkaian perayaan ulang tahun Olymplast yang ke-8. Olymplast sengaja memilih kegiatan bersih-bersih sebagai bentuk kampanye agar hidup lebih sehat. 

"Jadi kegiatan kami sebenarnya adalah ulang tahun Olymplast yang ke-8. Kami ingin menunjukkan bahwa kami adalah perusahaan yang peduli terhadap lingkungan sehingga kami membawa Pandawara ke Makassar," kata Tansil kepada wartawan.

Tansil menjelaskan bahwa hasil dari bersih-bersih di kampung terapung tersebut tidak akan langsung dibuang ke TPA. Melainkan akan disortir kemudian didaur ulang menjadi prabot rumah tangga oleh Olymplast. 

"Kami juga ingin menjelaskan bahwa Olymplast adalah perusahaan yang benar-benar recycle, reduce dan reuse. Jadi sampah yang dihasilkan nanti dari kegiatan bersih-bersih ini tidak akan berakhir di TPA. Jadi nanti akan diolah kembali dan dibawa ke perusahaan kami untuk kita recycle menjadi prodak kembali.

Lebih rinci dia menjelaskan bahwa sejauh ini Olymplast mendaur ulang sampah plastik sebanyak 700 ton setiap bulannya. Ia pun berharap di 2024 mendatant Olymplast bisa menaikkan daur ulang sampah plastik menjadi 1.000 ton setiap bulannya. 

"Dan kami harapkan semuanya itu adalah sampah-sampah dari Kota Makassar sehingga kami bisa mengurangi sampah yang ada di Kota Makassar sebagai bentuk kecintaan kami kepada lingkungan," dia memungkasi.

 

Simaklah video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.