Sukses

Wajib Coba, Ini Empat Kuliner Tradisional Ranah Minang yang Mengugah Selera

Ranah Minang tak pernah ingkarf janji soal kulinernya yang lezat.

Liputan6.com, Padang - Ranah Minang terkenal dengan kuliner rendangnya yang lezat hingga seantero dunia, namun tak hanya rendang, Sumatera Barat juga masih punya kuliner lain yang tak kalah menggugah selera, termasuk penganannya.

Apabila Anda sedang berada atau berencana berkunjung ke Sumbar, maka j

angan lupa mencicipi kuliner tradiosinal berikut ini.

1. Lamang Tapai

Lamang tapai menjadi primadona kuliner tradisional Sumatera Barat yang hingga kini masih bisa dijumpai. Lamang merupakan olahan yang bahan utamanya adalah beras ketan putih bercampur rempah-rempah penyedap rasa.

Kuliner ini dimasak dengan santan di atas bara api dengan memasukannya ke dalam bambu atau buluah yang dilapisi dengan daun pisang.

Meskipun dimasak di atas bara api, Anda tidak perlu khawatir akan rasanya, kuliner ini tidak akan gosong sama sekali. Sementara itu, untuk tapainya sendiri terbuat dari beras ketan hitam dan ragi hasil fermentasi.

Dalam penyajiannya, lamang tapai di keluarkan dari bambu dan disajikan bersama kuah atau tape. Lamang tapai memiliki citra rasanya yang unik, perpaduan antara asam dan manis, dan tentunya pasti akan menggugah selera.

2. Bika Panggang atau Bakar

Bika Panggang atau juga dikenal dengan bika bakar merupakan kuliner yang dimasak dengan cara dibakar. Kuliner ini terbuat dari tepung beras, tape singkong, kelapa parut serta gula pasir yang dibungkus dengan daun waru.

Proses memasak bika bakar dilakukan di atas arang dan sabut kelapa yang masih panas. Bika ini sangat cocok disantap dalam keadaan hangat dengan citra rasanya yang gurih dan manis dengan tekstur yang lembut.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kue Mangkuak Sayak

Kue mangkuak sayak merupakan kuliner yang dimasak dengan mengunakan sayak atau batok kelapa. Kue ini berbentuk seperti manggkok dalam tempurung dengan bahan utamnya tepung beras, tepung terigu, santan hingga gula.

Tampilan yang klasik di dalam tempurung serta rasanya yang enak, membuat kuliner ini menjadi kue yang sangat sayang untuk dilewatkan dan dijamin sekali mencoba membuat Anda langsung jatuh hati.

Apabila Anda mencicipi langsung dari sayaknya, kuliner ini juga akan memberikan sensasi aroma wanggi tempurung kelapa. Penaganan ini juga sering menjadi hidangan pelengkap ritual adat diberbagai nagari.

4. Lapek Bugih

Lapek bugih merupakan salah satu makanan tradisional dengan bahan utamanya bisa dengan tepung beras putih, hitam atau kombinasi keduanya. Tidak jarang, kuliner ini juga kerap menjadi hidangan penutup pada tradisi makan bajamba dalam masyarakat Minangkabau.

Lapek bugih memiliki bentuk menyerupai kerucut seperti piramida dengan testurnya yang lengket dan agak kenyal. Lapek bugih biasanya memiliki isian gula merah dan atau parutan kelapa yang dibungkus dengan daun pisang.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.