Sukses

3 Gunung Api di Sulut Berstatus Waspada, Ini Rekomendasi PVMBG

Selain ketiga gunung api yang berstatus waspada, di provinsi ujung utara Sulawesi tersebut juga terdapat beberapa gunung api yang berstatus normal.

Liputan6.com, Tomohon - Ketua Tim Kerja Gunung Api, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Ahmad Basuki menyebutkan tiga gunung api di Sulut saat ini berstatus waspada level dua.

Ketiga gunung dalam status waspada adalah Gunung Lokon di Kota Tomohon, Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Selatan/Kabupaten Minahasa Tenggara, dan Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

"Status waspada ini mengindikasikan kondisi kegempaan serta deformasi meningkat dari status normal level satu," kata Ahmad, Minggu (17/9/2023).

Dia mengatakan, walaupun berstatus waspada, potensi terjadi letusan memungkinkan. Akan tetapi, ketika masyarakat mematuhi rekomendasi yang dikeluarkan PVMBG, cukup aman.

"Kami mengimbau masyarakat mematuhi rekomendasi yang dikeluarkan seperti tidak melakukan aktivitas di radius bahaya yang disarankan," ajaknya.

Selain ketiga gunung api yang berstatus waspada, di provinsi ujung utara Sulawesi tersebut juga terdapat beberapa gunung api yang berstatus normal.

Gunung api tersebut adalah Gunung Ambang di Kabupaten Bolaang Mongondow, Gunung Mahawu (Kota Tomohon), dan Gunung Tangkoko (Kota Bitung).

"Satu-satunya gunung api di Sulut yang masih berstatus siaga level tiga adalah Gunung Karangetang di Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro," katanya.

Gunung api Karangetang di Pulau Siau erupsi efusif sejak awal Februari 2023, statusnya dinaikkan menjadi siaga setelah mengalami rentetan kenaikan aktivitas kegempaan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.