Sukses

Puluhan Ribu Warga Terdampak Kebakaran Tempat Pembuangan Sampah Kopi Luhur Cirebon

Petugas gabungan berjibaku memadamkan api hingga penanganan dampak kebakaran TPA Kopi Luhur ke pemukiman warga

Liputan6.com, Cirebon - Hingga memasuki hari ketiga, kepulan asap masih menyelimuti kawasan TPA Kopi Luhur Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. 

Api membakar kawasan TPA Kopi Luhur Cirebon sejak Sabtu, 9 September 2023. Petugas gabungan berjibaku memadamkan api hingga penanganan dampak kebakaran TPA Kopi Luhur ke pemukiman warga. 

Kepala Pelaksana BPBD Kota Cirebon Andi Wibowo mengatakan, 70 persen kebakaran TPA Kopi Luhur Cirebon sudah ditangani. Ia mengakui ribuan warga terdampak kebakaran TPA Kopi Luhur Cirebon. 

"Jadi kami tegaskan tidak ada pengungsi dalam artian dievakuasi ke posko yang ada warga terdampak asap sejak Sabtu bahkan kepulan asap samlai ke kecamatan dan sebagian ruas tol Palikanci sehingga mengganggu jarak pandang," kata Andi Wibowo kepada wartawan, Senin (11/9/2023).

Andi memastikan tim dari Dinkes Kota Cirebon terus bergerak ke rumah warga. Tim Dinkes bergerak sejak awal kebakaran hingga hari ini. 

Andi mengatakan, kebakaran TPA Kopiluhur Cirebon berdampak kepulan asap yang masuk ke pemukiman warga. Namun, kata dia, hingga saat ini belum dilaporkan ada kendala signifikan imbas kebakaran TPA Kopi Luhur Cirebon. 

"Penanganan tetap kami lakukan terus karena meskipun sudah padam di atas belum tentu di bagian bawah tumpukan sampah juga padam. Tumpukan sampah yang sudah tahunan ini mengasilkan gas metan," kata Andi.

Andi mengatakan, sejak awal lahan yang terbakar 1,5 hektare. Hingga saat ini masih tersisa 500 meter persegi lahan yang masih dipadamkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Terdampak

"Tim gabungan membagikan 10 ribu masker dan siaya ambulance apabila ada warga terdampak kebakaran TPA Kopi Luhur Cirebon," katanya.

Lurah Argasunya Kecamatan Harjamukti Mardiansyah mengatakan ada 3 rw terdampak kebakaran TPA Kopi Luhur Cirebon. Diantaranya Rw 04 Surapandan, Rw 07 Sumurwuni dan Rw 08 Kopi Luhur. 

Sementara itu 15 ribu kepala keluarga terdampak kebakaran TPA Kopi Luhur. Ia memastikan tidak ada pengungsi dalam kejadian ini.

"Tercatat ada 25 ribu sampai 30 ribu jiwa terdampak kebakaran TPA Kopi Luhur sejak hari pertama," katanya.

Ia mengatakan belum ada keluhan warga terkait imbas kebakaran TPA Kopi Luhur Cirebon. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.