Sukses

Warga Diminta Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem di Sulut hingga 8 September 2023

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 8 September 2023 mendatang.

Liputan6.com, Manado - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta warga agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi di sejumlah wilayah Sulut.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca hingga 8 September 2023 mendatang," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle, Rabu (6/9/2023).

Dia mengingatkan, warga mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.

"Kami berharap warga berhati-hati, waspada terhadap potensi bencana banjir dan tanah longsor serta pohon tumbang," kata Ben.

Dia mengatakan, pada tanggal 6 September wilayah-wilayah yang berpeluang dilanda cuaca ekstrem yaitu Kota Manado dan Tomohon serta Kabupaten Minahasa, Minahasa Utara, dan Bolaang Mongondow.

Selanjutnya, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Selatan, Kepulauan Sitaro, Kepulauan Sangihe, dan Kepulauan Talaud.

Pada tanggal 7 September, kondisi cuaca serupa diperkirakan terjadi di Kota Manado, Bitung, Tomohon, dan Kotamobagu serta Kabupaten Minahasa Utara, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Kepulauan Sitaro, Kepulauan Sangihe, dan Kepulauan Talaud.

"Pada tanggal 8 September, cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Kabupaten Kepulauan Talaud," ujarnya.

Meski sejumlah daerah di Sulut tengah mengalami kemarau panjang, namun pada Rabu (6/9/2023), hujan deras disertai angina kencang menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Minahasa.

"Hujan deras sejak tadi subuh, sampai pukul 08.00 Wita hujan masih juga mengguyur," ujar Imelda Warokka, warga Kelurahan Kinali, Kecamatan Kawangkoan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.
    Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

    Manado

  • Sulut

Video Terkini