Sukses

Mitos Seram Hantu Songko: Misteri Gaib yang Menghantui Warga Manado

Kota Manado memuat cerita mistis terkait hantu yang sama mengerikannya dengan hantu lainnya di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Masih banyak mitos, cerita gaib, dan mistis yang berseliweran di tengah masyarakat Indonesia. Tentunya hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai kisah mistis, tak terkecuali di Manado.

Konon di daerah ini, termasuk Sulawesi Utara, terdapat cerita hantu misterius yang biasa dikenal dengan nama Songko. Songko berasal dari daerah Sangihe dan kemudian sering muncul di pelosok Manado. Hantu Songko merupakan salah satu cerita mistis yang cukup terkenal di kalangan masyarakat lokal.

Menurut mitologi, Songko sering dianggap sebagai perwujudan seseorang yang mempelajari ilmu hitam agar menjadi tampan atau cantik.

Namun, ada juga yang menganggap keberadaan Songko adalah cara membalas dendam kepada seseorang yang meninggal karena penasaran.

Konon jika Songko ditangkap dan dibunuh maka efek sihirnya akan hilang. Tubuh akan berubah seiring bertambahnya usia, sebagian besar sudah tua. Hantu Songko sendiri sering digambarkan berkeliaran di antara pertemuan malam dan malam hari.

Songko sering ditampilkan terbang di angkasa seperti burung, tetapi berukuran besar dan ketika turun, ia terlihat seperti pria berjubah tanpa menampakkan wajahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hanto Songko

Keberadaan hantu songko merupakan kebalikan dari kuntilanak, karena bila suaranya terdengar kencang tandanya makhluk tersebut tidak ada di sekitar anda dan jika suaranya lemah maka songko tersebut ada di sekitar anda.

Kini, untuk menangkal Songko, masyarakat Manado percaya bahwa hanya dengan menyiapkan air, ia akan terapung di saluran pembuangan.

Bagaimana jika kita bertemu dengan hantu misterius ini? Jika Anda tiba-tiba melihat benda aneh terbang di langit dan tiba-tiba bergegas ke arah Anda, segera cari air untuk melawannya. Konon Songko takut dengan air. Jadi hantu ini pasti tidak ada saat hujan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini