Sukses

Ukir Sejarah, Cerita 15 Paskibraka Sukses Kibarkan Merah Putih di Upacara Pertama IKN

Para petugas pengibar bendera mengaku bangga bersama belasan pasukan lainnya mengibarkan bendera pusaka di hadapan para pejabat

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 15 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sukses mengukir sejarah dalam upacara peringatan HUT ke-78 RI pertama di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Mereka terdiri dari 5 perempuan dan 10 laki-laki merasa bangga dan haru. Bagaimana tidak, ke 15 siswa ini menjadi yang pertama kalinya mengibarkan bendera di lokasi pembangunan IKN Nusantara pada momen kemerdekaan.

Salah satu Paskibraka bernama Anisa Kurniati (19) yang bertugas membawa bendera merah putih merasa bangga bercampur haru sukses dan lancar menjadi pasukan pengibar bendera Merah Putih di IKN Nusantara.

Ia mengaku bangga bersama belasan pasukan lainnya mengibarkan bendera pusaka di hadapan para pejabat. Termasuk di depan Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono.

"Yang pastinya bangga ya, karena dikasih kesempatan dan dikasih kepercayaan bisa menjadi pasukan pengibar bendera di IKN. Mungkin tahun depan yang akan mengibarkan bendera disini sudah Paskibraka Nasional," terang perempuan asal Penajam Paser Utara (PPU) usai upacara.

Menurut Anisa, persiapan yang dilakukan para Paskibraka cukup singkat, yakni hanya 10 hari untuk berlatih termasuk gladi resik di kawasan Sumbu Kebangsaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Latihan Singkat

Meski demikian, para Paskibraka ini berhasil melewatinya dengan sukses dan lancar. Oleh karena itu, momen yang dirasakan saat ini menjadi kesempatan emas bagi 15 Paskibraka mengibarkan bendera di IKN Nusantara.

"Kami yakin saja, karena persiapannya cuma 10 hari. Ini kali kedua saya dipilih, sebelumnya itu di Penajam," sebutnya.

Ditanya harapannya sebagai pemuda di Penajam Paser Utara (PPU), Anisa berharap dirinya dan generasi muda yang ada di PPU dan sekitarnya dapat membanggakan daerah serta Indonesia.

"Bisa menjadi generasi yang membanggakan daerah sendiri dan bisa membanggakan Indonesia tentunya," tandas alumni SMA Negeri 1 PPU.

Apresiasi terhadap Paskibraka ini diungkapkan oleh Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono. Dia pun bahkan menyempatkan diri untuk berfoto bersama. "Salut, kalian luar biasa," ucap Bambang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini