Sukses

Gunung Ibu Erupsi, Tinggi Letusan Mencapai 1.000 Meter di Atas Puncak

Gunung Ibu di Maluku Utara mengalami erupsi, Rabu (9/8/2023), pukul 11.36 WIT.

 

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Ibu di Maluku Utara mengalami erupsi, Rabu (9/8/2023), pukul 11.36 WIT. Gunung Ibu tersebut menyemburkan abu vulkanik setinggi 1.000 meter di atas puncak.

Erupsi Gunung Ibu terekam seismograf memiliki amplitudo maksimum 28 milimeter dan durasi satu menit 22 detik. Selama erupsi, gunung api itu dilaporkan mengeluarkan abu kelabu tebal yang mengarah ke timur.

"Ancaman bahaya erupsi masih jauh dari lokasi pemukiman yang berjarak enam sampai tujuh kilometer dari kawah," kata Petugas Pos Pemantauan Gunung Ibu Ahmad Basuki dalam laporan yang disiarkan oleh PVMBG.

Warga maupun pengunjung yang berada di sekitar Gunung Ibu disarankan tidak melakukan kegiatan di area dalam radius dua kilometer dari puncak serta area perluasan sektoral sejauh 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif gunung api tersebut.

Jika aktivitas Gunung Ibu sampai menimbulkan hujan abu, maka masyarakat di sekitar gunung itu diminta menggunakan penutup hidung dan mulut serta kacamata saat beraktivitas di luar rumah.

Gunung Ibu berstatus Waspada (Level II) sejak 10 Desember 2013 hingga sekarang. PVMBG mencatat gunung api di barat laut Pulau Halmahera itu mengalami 26 kali erupsi sejak 1 Januari 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.