Sukses

Yuk Ikut Latihan Gratis Ujian Praktik Baru SIM C di Polres Pemalang

Kepolisian Resor (Polres) Pemalang membuka pelatihan gratis untuk mensosialisasikan materi ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C yang terbaru.

Liputan6.com, Pemalang - Kepolisian Resor (Polres) Pemalang membuka pelatihan gratis untuk mensosialisasikan materi ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C yang terbaru.

Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya melalui Kasat Lantas AKP Achmad Riedwan Prevoost mengatakan, materi ujian praktik SIM C terbaru diterapkan secara serentak di seluruh Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres seluruh Indonesia, Senin (7/8/2023).

"Kami memberikan kesempatan kepada pemohon untuk mengikuti pelatihan terlebih dahulu, agar pemohon dapat segera menyesuaikan dengan lintasan yang baru," katanya.

Riedwan mengatakan, pelatihan ujian praktik SIM C dibuka untuk masyarakat umum, setiap hari Jumat.

"Pelatihan tidak dipungut biaya, dengan menghadirkan pemateri dari personil Satpas Polres Pemalang," kata Kasat Lantas.

Terkait materi ujian praktik SIM C yang terbaru, Kasat Lantas mengatakan, saat ini uji materi zig zag sudah ditiadakan.

"Uji membentuk angka delapan juga sudah diganti dengan uji membentuk huruf S," ucap dia.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lanjut Ujian Praktik

Dengan lintasan baru yang lebih lebar, pemohon SIM C akan mengawali ujian praktik dengan lintasan lurus.

"Selanjutnya, materi uji kepekaan pemotor dalam melakukan pengereman sampai berhenti, ditandai dengan tulisan STOP," kata Kasat Lantas.

Kemudian, materi dilanjutkan dengan manuver U-Turn, dan manuver berbentuk huruf S.

"Terakhir, terdapat materi untuk menguji kepekaan pemotor, dalam melakukan pengereman menghindar ke kanan atau ke kiri," kata Kasat Lantas.

Salah seorang warga, Eko mengatakan, pelatihan gratis dengan lintasan yang baru dirasakan sangat bermanfaat, karena dirinya dapat berlatih berulang kali tanpa dipungut biaya.

"Tadi sudah latihan pak, lintasan yang baru lebih mudah dari sebelumnya, semoga besok bisa lulus ujian praktik SIM C," kata Eko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.