Sukses

Cerita Kampung Duri Paleteang di Pinrang, Sarang Narkoba yang Tak Tersentuh Aparat

Warga sudah resah dengan semakin maraknya peredaran narkoba di Kampung Duri Paleteang, Pinrang.

Liputan6.com, Pinrang - Salah satu perkampungan di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan bernama Kampung Duri Paleteang diduga menjadi sarang peredaran narkoba. Ironisnya, perkampungan ini nyaris tak pernah tersentuh aparat penegak hukum. 

Salah seorang warga mengungkapkan, Kampung Duri Paleteang telah lama dikenal sebagai kampung narkoba di kabupaten berjuluk Bumi Lasinrang itu. Perkampungan ini diduga dihuni banyak bandar, pengedar hingga kurir narkoba jenis sabu. 

"Sudah lama dikenal sarang narkoba di sana. Tapi herannya tidak pernah tersentuh petugas," ujar DRT, salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya kepada Liputan6.com, Sabtu (5/8/2023). 

Dia menyebutkan bahwa orang yang menjadi pentolan peredaran sabu di Kampung Duri Paleteang adalah seorang bandar yang dikenal dengan sapaan Derita alias DRT. Sayangnya hingga kini Derita sama sekali tidak pernah disentuh aparat penegak hukum. 

Tak main-main, Derita alias DRT itu terkenal bahkan hingga di luar Kampung Duri Paleteang. Berapa tidak, DRT lah yang disebut-sebut memasok narkoba dari Kalimantan ke Kampung Duri Paleteang dalam jumlah yang banyak. 

"Kalau yang nama DRT itu memang sudah terkenal. Biar polisi juga sudah tahu itu. Dia bandar di sana," terang warga. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan Warga dan Jawaban Kapolres Pinrang

Warga berharap dengan pergantian Kapolres, peredaran narkoba di Kampung Duri Paleteang bisa segera diberantas. Seperti diketahui baru baru ini jabatan Kapolres Pinrang berganti. 

AKBP Andiko Wicaksono yang sebelumnya menjabat selaku Kepala Kepolisian Resort Kota Parepare resmi menggantikan AKBP Santiaji Kartasasmita. Masuknya Andiko diharapkan bisa memberi prioritas untuk memberangus peredaran narkoba di Pinrang. 

"Masyarakat menaruh harapan besar kepada Kapolres yang baru agar memantau aktivitas di kampung Duri Paleteang. Kami khawatir kalau tidak ada tindakan dari aparat narkoba akan semakin merajalela di sana," pinta salah seorang warga lainnya.

Terpisah Kapolres Pinrang, AKBP Andiko Wicaksono mengaku akan mulai mendalami informasi dari warga tersebut. 

"Terimakasih informasinya, kami akan coba dalami," kata Andiko saat dikonfirmasi terpisah.

 

Simaklah video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.