Sukses

Kasiat Rahasia Kunyit Bagi Kesehatan

Kunyit ternyata dapat meredakan berbagai penyakit ringan dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Liputan6.com, Padang - Tahukan Anda, kunyit yang biasanya kita gunakan sebagai pewarna ataupun penyedap rasa untuk bahan masakan ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kunyit ternyata dapat meredakan berbagai penyakit ringan dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Bahan alami yang satu ini memiliki kandungan kurkumin, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, hingga minyak atsiri yang bermanfaat bagi tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum 9 manfaat kunyit bagi kesehatan:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Mengurangi Nyeri saat Haid

Bagi sebagian wanita ketika menstruasi pasti ada yang mengalami perut nyeri sehingga membuat Anda tidak nyaman beraktivitas baik diluar maupun di dalam ruangan. Jika Anda mengalami hal seperti itu, Anda bisa mengatasinya dengan jamu kunyit asam untuk meredakan rasa nyeri.

Kunyit dapat membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel apitel rahim, serta mengurangi terjadinya produksi prostaglandin yaitu hormon yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit.

 

 

3 dari 10 halaman

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan zat kurkumin yang terdapat pada kunyit dapat berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Fungsi ini juga didukung dengan adanya zat anti kataral yang ada pada kunyit, jadi mengonsumsi air kunyit kuning secara rutin bisa membantu Anda memerangi virus.

 

 

 

4 dari 10 halaman

Mengatasi Perut yang Kembung

Kandungan kurkumin pada kunyit juga dipercaya dapat untuk membantu otot pada pencernaan agar tetap bergerak lancar dan juga bermanfaat untuk tekanan gas pada perut dan membantu lambung untuk menghentikan produksi asam secara berlebihan.

 

 

5 dari 10 halaman

Obat Alergi

Aergi pada makanan sehingga menimbul efek samping seperti gatal-gatal pada kulit, maka kunyit dapat menjadi solusi untuk obat alami yang dipercaya bisa membantu menghilangkan gatal-gatal pada kulit.

Hal itu disebabkan adanya kandungan kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin pada kunyit yang dapat mencegah lepasnya zat histamin dan protein yang berlebihan sebagai pemicu alergi muncul pada kulit.

 

6 dari 10 halaman

Penawar Racun

Kandungan yang ada pada kunyit juga bermanfaat untuk pertolongan pertama penawar racun pada tubuh seperti racun dari gigitan ular.

Kunyit mampu menghambat aktivitas bisa ular pada darah sehingga dapat menghentikan penyebaran ke seluruh tubuh dan mengurangi pembengkakan.

 

7 dari 10 halaman

Mengobati Maag

Manfaat selanjutnya juga dapat untuk mengobati maag, bagi kamu yang sering merasakan nyeri akibat maag tentu itu hal yang sangat menganggu aktivitas, jadi coba atasi dengan larutan kunyit karena dapat mengurangi frekuensi kambuhnya gejala maag.

Hal itu disebabkan adanya kandungan kurkumin pada kunyit dapat mengendalikan produksi asam lambung dan empedu secara berlebihan. Untuk mendapat hasil yang maksimal lakukan rutin setiap hari.

 

8 dari 10 halaman

Menstabilkan Kadar Gula Darah

Jika Anda penderita diabetes atau mengkonsumsi gula berlebihan maka kunyit menjadi obat alami yang dapat menstabilkan gula darah pada tubuh Anda, kunyit memiliki kandungan kurkumin yang dapat menurunkan kadar glukosa pada arah.

 

9 dari 10 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sering insecure dengan berat badan berlebih atau ingin menurunkan berat badan maka air kunyit adalah salah satu obat alami yang dapat Anda konsumsi.

Kunyit cocok untuk yang sedang menjalan diet. Untuk mendapat hasil yang maksimal coba mengombinasikan sari kunyit dengan asam Jawa.

 

10 dari 10 halaman

Meredakan Peradangan Usus

 Peradangan usus atau bisa juga disebut dengan Irritable Bowel Syndrome (IBS) merupakan salah satu yang menyebabkan masalah pada pencernaan sehingga jika dibiarkan berlarut-larut dapat membuat kontraksi yang dapat menyebabkan diare kronis.

Dengan mengonsumsi kunyit dipercaya dapat meredakan peradangan usus karena adanya kandungan antioksidan dan kurkumin yang melancarkan kinerja otot pencernaan.

Itulah 9 manfaat kunyit bagi kesehatan, jadi tidak ada salahnya untuk selalu menyedikan kunyit dirumah untuk memberikan pertolongan pertama pada tubuh Anda. Jika tidak bisa diatasi dengan pertolongan pertama mengunakan obat alami, maka Liputan6.com menyarankan Anda segera untuk berkonsultasi dengan dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.