Sukses

Tak Cuma Rendang, 8 Kuliner Khas Ranah Minang Ini Juga Wajib Dicoba

Sumatera Barat tak pernah ingkar janji soal kulinernya yang siap memanjakan lidah.

Liputan6.com, Padang - Kuliner Sumatera Barat tidak melulu tentang rendang, tetapi masih banyak yang harus dicicipi apabila Anda tengah berlibur atau berada di ranah Minangkabau.

Bagi Anda yang suka berburu kuliner, berikut rekomendasi makanan Sumatera Barat yang mengoyang lidah dan tentunya wajib dicoba.

1. Dendeng Balado

Makanan ini menjadi salah satu makanan khas Sumatera Barat yang olahannya didominasi oleh daging sapi yang diiris secara tipis-tipis. Sesuai dengan namanya, makanan ini disajikan dengan ditaburi cabai yang digiling tidak terlalu halus.

2. Itiak Lado Mudo

Itiak lado mudo ini merupakan olahan yang terbuat dari daging bebek yang cabenya adalah cabe hijau. Makanan yang satu ini berasal dari Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

3. Lamang Tapai

Lamang tapai menjadi primadona kuliner khas Sumatera Barat legendaris yang hingga kini masih bisa dijumpai. Lamang merupakan olah yang bahan utamanya adalah beras ketan putih bercampur rempah-rempah penyedap rasa yang dimasak dengan santan di atas bara api dengan memasukkannya kedalam bambu. Sementara itu, untuk tapainya sendiri terbuat dari beras ketan hitam dan ragi hasil fermentasi.

4. Bika Talago

Bika Talago ini tidak kalah enaknya dari kue-kue lain. Makanan yang satu ini sangat disayangkan sekali untuk dilewati apabila menuju Kota Bukittingi dari Kota Padang.

Bika talago ini dapat dijumpai diwarung-warung miliki warga di Jalan Raya Bukittinggi tempatnya di Kenagarian Koto Baru, Kabupaten Tanah Datar.

Bika talago ini memiliki cita rasa yang gurih dan manis berkat perpaduan antara tepung beras, kelapa parut, serta gula merah dan gula putih. Bika talago ini disajikan ketika hangat kepada pembeli yabg terbungkus dengan daun.

 

5. Lontong Gulai

Lontong gulai juga menjadi makanan yang populer di Sumatera Barat. Lontong gulai ini identik dengan kuah santan yang kaya akan bumbu rempah-rempah. Biasanya, masyarakat Sumatera Barat menjadikan kuliner yang satu ini sebagai sarapan di kala pagi.

6. Gulai Tambusu

Bagi para pencinta kuliner nasi kapau asal dari Nagari Kapau, Kabupaten Agam tentu sudah tidak asing lagi dengan gulai tambusu bukan? Gulai tambusu merupakan gulai yang terbuat dari usus sapi yang diisi dengan adonan telur dan tahu yang sudah diberi bumbu kemudian dimasak dengan kuah santan.

7. Kalio

Kalio merupakan rendang setengah jadi yang perbedaannya terletak pasa tekstur dan warnanya. Kalio ini biasanya juga berbahan daging sapi, tetapi ada juga ayam hingga jengkol.

8. Pinyaram

Pinyaram merupakan makanan dengan olahan berbahan utama tepung beras gula serta santan yang kemudian digoreng. Pinyaram ini kerap disajikan sebagian masyarakat Sumbar pada acara pernikahan.

Itulah 8 makanan yang sudah Liputan6.com rangkum untuk Anda, dan sayang dilewatkan untuk dicicipi apabila Anda menginjakkan kaki di Sumatera Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini