Sukses

Pertahankan Peringkat PTS Terbaik, Ini Upaya yang Dilakukan UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil mempertahankan prestasinya sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia versi Webometrics. Hal tersebut berdasarkan pemeringkatan Webometrics yang dikeluarkan pada bulan Juli 2023.

Liputan6.com, Yogyakarta - Lembaga pemeringkatan Webometrics berdasarkan kinerja akademik dan visibilitas lembaga pendidikan tinggi di dunia maya menyatakan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia. UMY menempati peringkat 3 PTS terbaik di Indonesia, posisi pertama Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (PTMA) di Indonesia, dan di peringkat pertama PTS di DIY. Wahyudi, Kepala Lembaga Sistem Informasi UMY menyatakan cara UMY mempertahankan peringkat itu dengan beberapa cara.

"Tentu saja, salah satu hal yang menyebabkan peringkat kami tinggi adalah jumlah sitasi yang tinggi terhadap artikel jurnal internasional dari civitas academica di UMY. Ini menunjukkan kualitas penelitian UMY yang semakin meningkat," jelasnya di Ruang LSI UMY Sabtu 29 Juli 2023.

Wahyudi kembali menegaskan sitasi atau kutipan terhadap artikel jurnal internasional dari civitas academica UMY semakin tinggi dengan kualitas penelitian yang dihasilkan. Hal ini semakin berdampak positif pada peringkat universitas.

"UMY juga mendapat pengakuan atas konten-konten unggulan dan upaya kehumasan yang telah berhasil meningkatkan jumlah link masuk ke website universitas. Semua faktor tersebut berperan dalam membentuk citra positif dan meningkatkan visibilitas UMY di dunia maya."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Google Scholar

Wahyudi mengatakan akan terus melakukan sosialisasi kepada civitas academica untuk mengelola dan selalu melakukan update Google Scholar dengan menambahkan artikel dan karya ilmiah terkait kepakaran ke website UMY. hal ini agar semua komponen tersebut berkontribusi dalam meraih pencapaian ini.

"Pemeringkatan Webometrics sebenarnya merupakan upaya capaian kinerja dari seluruh civitas academica UMY, mulai dari dosen, tim IT, lembaga penelitian, dan lainnya. Semua komponen tersebut berkontribusi terhadap capaian ini," kata Wahyudi.

Rektor UMY, Gunawan Budiyanto mengungkapkan tiga indikator utama yang menjadi kunci peringkat Webometrics. 3 komponen tersebut adalah Visibility, Openness dan Excellence.

"Visibility ini menggambarkan seberapa banyak orang mengenal UMY dilihat dari Jumlah kunjungan ke website UMY. Openness menunjukkan sejauh mana website universitas memberikan informasi yang baik dan terbuka kepada masyarakat."

"Keterbukaan ini akan mempengaruhi tingkat kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap UMY. Dan Excellence, mengukur seberapa besar reputasi dan penerimaan universitas ini diakui oleh perguruan tinggi lain. Jadi, selain faktor reputasi, aksesibilitas informasi juga menjadi hal penting dalam peringkat ini," tandas Gunawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.