Sukses

Mengungkap Sejarah dan Makna di Balik Lagu Es Lilin, Legenda dari Jawa Barat

Makna dari lagu ini menceritakan tentang seorang perempuan yang merasa malu atau gelisah karena ada seorang laki-laki yang mendekatinya.

Liputan6.com, Jakarta Lagu tradisional merupakan bagian penting dari warisan budaya dan identitas suatu daerah. Salah satu contohnya adalah lagu Es Lilin yang berasal dari Jawa Barat.

Lagu ciptaan Ibu Mursih ini sangat populer hingga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Sunda. Memiliki sejarah yang kaya serta makna yang mendalam.

Dirangkum dari berbagai sumber, meskipun sulit untuk menentukan tanggal pasti munculnya lagu ini, diyakini, lagu Es Lilin telah ada dan dinyanyikan oleh masyarakat sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu.

Es Lilin dikenal sebagai lagu anak-anak yang sering dinyanyikan dalam berbagai acara dan pertunjukan tradisional. Makna dari lagu ini menceritakan tentang seorang perempuan yang merasa malu atau gelisah karena ada seorang laki-laki yang mendekatinya.

Beberapa bagian lirik ini juga menunjukan bahwa perempuan tersebut sedang didekati oleh pria terpandang. Perempuan dalam lagu ini menceritakan bahwa ia sebenarnya tidak menolak didekati laki-laki terpandang itu.

Namun, ada ketakutan ketika benar-benar sudah dekat tapi sampai tidak berjodoh. Pada bagian akhir lagu, terdapat makna bahwa perempuan akan meninggalkan laki ­laki selama satu bulan untuk keperluan tertentu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nilai Kehidupan

Sementara itu, lagu Es Lilin juga ada yang mengartikan bagaimana sikap perempuan yang harus lebih cermat dan berhati-hati dalam memilih pasangan hidup.

Melalui lirik sederhananya, lagu ini mengajarkan nilai-nilai kehidupan kepada anak-anak serta mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Sebagai lagu tradisional, Es Lilin terus hidup dan berkembang dalam budaya populer, mengingatkan kita akan pentingnya merawat dan melestarikan warisan budaya kita.

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini