Sukses

Ini 5 Fakta Menarik Tentang Persib Bandung, Apa Saja?

Sebelum menonton pertandingan Persib Banding, ada baiknya mengetahui fakta-fakta unk yang jarang diketahui ini, apa saja?

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung adalah salah satu klub sepak bola legendaris yang bermarkas di Bandung Jawa barat (Barat). Didirikan pada 14 Maret 1933 silam, klub ini juga menjadi salah satu pendiri organisasi sepak bola Indonesia yakni PSSI.

Persib Bandung terkenal dengan julukan tim Maung Bandung itu memiliki jutaan pendukung fanatik yang tersebar di seluruh Jabar, dan juga provinsi lain di Indonesia.

Tak hanya itu Persib Bandung banyak memiliki fakta-fakta unik yang mungkin jarang diketahui oleh masyarakat umum, berikut Liputan6.com merangkum 6 fakta menarik yang wajib diketahui tentang Maung Bandung:

1.  Pendiri PSSI

Persib Bandung bersama klub Persija Jakarta, Persis Solo, PSIM Jogjakarta, PPSM Magelang, PSM Madiun dan juga Persebaya menjadi klub yang mendirikan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Memiliki nama awal Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB), Persib menjadi salah satu alat perjuangan para kaum nasionalis pada masa itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Juara Perserikatan

2. 5 Kali Juara Perserikatan

Tim kebanggaan masyarakat Jawa Barat itu sebelum sekarang ini mengarungi kompetisi liga 2023/2024, dahulu pada era kompetisi perserikatan, klub ini sudah 5 kali juara, serta beberapa kali menjuarai ajang sepak bola tingkat nasional, dan 4 kali mengikuti ajang internasional dengan raihan 1 kali juara pada Sultan Brunei Cup (1986).

3. Suporter Fanatik

Persib Bandung memiliki suporter fanatik yang biasa dikenal dengan sebutan Bobotoh, mereka membentuk organisasi suporter yang bernama Viking Persib Club, Bomber, Flowers City Casual, Ultras Persib, dan lainnya. Loyalitas dan kecintaan para suporternya itu selalu ditunjukkan setiap tim Maung Bandung berlaga entah itu laga home ataupun laga away. Para bobotoh pendukung fanatik Persib Bandung itu selalu tampil dengan ciri khas warna biru kala hadir di stadion.

Hal itu menjadi kekuatan lain untuk tim Persib Bandung saat melawan musuhnya. Tekanan tak hanya diberikan di dalam lapangan, tetapi tekanan juga dilakukan oleh para suporter yang selama 90 menit tak berhenti bernyanyi sekaligus memberikan dukungan untuk tim yang mereka idolakan itu. 

3 dari 3 halaman

Stadion Megah GBLA Jadi Markas

4. Gelora Bandung Lautan Api 

Markas tim tersebut adalah Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang memiliki kapasitas 38 ribu penonton. Sebelumnya, Persib Bandung juga pernah menggunakan Stadion Jalak Harupat Bandung. 

5. Perdamaian Suporter

Dalam kurun waktu satu tahun suporter Persib Bandung dalam media sosial mereka sudah mulai menggelorakan kampanye-kampanye perdamaian dengan suporter yang pernah menjadi rival mereka yaknia The Jakmania. Meski proses tersebut belum terlaksana dengan mulus, suasana di media sosial dan kejadian-kejadian yang melibatkan kedua suporter itu mulai berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.