Sukses

Hari Pustakawan Nasional Diperingati Setiap 7 Juli, Berikut Ucapan yang Menginspirasi dan Mendalam

Pada 7 Juli, masyarakat Indonesia merayakan Hari Pustakawan Nasional yang sangat penting untuk dirayakan.

Liputan6.com, Bandung - Pada 7 Juli setiap tahunnya di Indonesia diperingati sebagai Hari Pustakawan Nasional. Peringataan ini untuk membuka kesadaran masyarakat mengenai pentingnya sosok pustakawan dalam perpustakaan.

Pustakawan mempunyai tanggung jawab dalam mengelola serta memberikan pelayanan di perpustakaan. Ia juga membantu dalam mencari, mengelola, hingga menyajikan apapun yang ada dalam perpustakaan.

Masyarakat akan terus selalu membutuhkan perpustakaan dalam mencari beberapa informasi. Selain itu, perpustakaan turut menjadi salah satu tempat yang membantu masyarakat dalam meningkatkan literasinya.

Melansir dari unggahan Perpustakaan Nasional, pada tahun ini Hari Pustakawan Nasional telah merayakan usianya yang ke-50 tahun. Adapun logonya didominasi dengan beberapa warna yaitu putih, hijau, merah, dan kuning.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah Hari Pustakawan Nasional

Melansir dari Dinas Arsip dan Perpustakaan, Hari Pustakawan Nasional ditetapkan setiap 7 Juli. Adapun penetapan ini ditetapkan oleh Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada 1990.

Pada 7 Juli 1973 didirikan organisasi Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI). Sehingga, Hari Pustakawan Nasional dirayakan bersamaan dengan hari lahirnya organisasi tersebut.

Organisasi IPI ini dibentuk ketika Kongres Pustakawan Indonesia yang dilaksanakan di Ciawi, Bogor pada 5 hingga 7 Juli 1973. Pelaksanaan kongres tersebut diikuti oleh seluruh organisasi perpustakaan dalam ikatan resmi.

Baru, pada 7 Juli 1990 Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menjadikan tanggal itu sebagai Hari Pustakawan Nasional. Peringatannya pun sering dirayakan setiap setahun sekali di Indonesia.

3 dari 3 halaman

Ucapan Hari Pustakawan Nasional

Berikut beberapa contoh ucapan Hari Pustakawan Nasional yang bisa dijadikan caption di media sosial:

1. "Selamat Hari Pustakawan Nasional! Kalian adalah garda terdepan dalam menyebarkan cahaya ilmu pengetahuan."

2. "Terima kasih kepada para pustakawan yang tak kenal lelah dalam memperluas wawasan dan membantu masyarakat dalam menjelajahi dunia pengetahuan."

3. "Dalam perayaan Hari Pustakawan Nasional, mari kita mengucapkan terima kasih kepada para pustakawan yang senantiasa berjuang untuk menjaga perpustakaan sebagai tempat berbagi dan memperkaya kehidupan kita."

4. "Pustakawan adalah pahlawan dalam membangun budaya literasi di Indonesia. Selamat Hari Pustakawan Nasional!".

5. "Selamat Hari Pustakawan 2023. Terima kasih telah memberikan pelayanan terbaik di perpustakaan, Semoga berkah dan sukses selalu untuk seluruh pustakawan di Indonesia."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini