Sukses

Gaya Glamor Jemaah Haji Makassar, Kenakan 180 Gram Emas Saat Pulang dari Tanah Suci

Suarnati Daeng Kanang terlihat mengenakan emas dengan berat 100 gram.

Liputan6.com, Makassar - Ratusan Jemaah haji kloter pertama, Embarkasi Makassar telah tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan pada Rabu (5/7/2023). Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sejumlah jemaah haji perempuan terlihat bergaya glamor saat tiba di Makassar.

Salah satunya adalah Suarnati Daeng Kanang (46). Warga Makassar terlihat mengenakan perhiasan emas yang beratnya mencapai 180 gram. Dimana 100 gram di antaranya dibeli di Arab Saudi. 

"Dari Makassar saya bawa separuh emas sekitar 80 gram, 100 (gram) saya beli di Arab Saudi. Jadi ini (beli) di Mekkah, uang Real lewat ATM jadi tidak tahu pastinya, pokoknya per gram harganya sekitar Rp 1.2 juta (kalung sama gelang)," kata Daeng Kanang, Rabu (5/7/2023).

Suarnati mengaku telah bernazar jauh sebelum dirinya berangkat ke tanah suci. Ia pun benar-benar menunaikan niatnya tersebut hingga menjadi pusat perhatian jemaah haji lain. 

"Saya sudah bernazar dari awal, belum mendaftar saya sudah nazar," ujarnya.

Saat meninggalkan Arab Saudi, Suarnati mengaku masih mengenakan pakaian layaknya jemaah haji perempuan pada umumnya. Ia kemudian berganti pakaian dan mengenakan seluruh perhiasannya saat berada di dalam pesawat. 

"Nanti di pesawat saya ganti. Saya agen burger," kata pengusaha burger asal Kota Daeng tersebut.

Dirinya pun mengaku bahagia bisa kembali ke Indonesia dalam keadaan sehat sehingga dapat bertemu dengan keluarga dan kerabat yang telah datang menjemput Daeng Kanang.

"Semua saya doakan semoga dia bisa kesana, semua bisa kesana. Merasakan apa yang saya rasakan. Saya doakan semua keluarga semoga bisa ke tanah suci juga," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Satu Jemaah Haji Meninggal di Arab Saudi

Terpisah, Pranata Humas Kemenag Sulawesi Selatan, Mawardi Siradj menyebutkan bahwa embarkasi Makassar memberangkatkan jemaah haji sebanyak 16.888 jemaah. Belasan ribu jemaah haji itu dibagi ke dalam 44 kloter.

"43 kloter diterbangkan melalui debarkasi Makassar satu kloter tergabung di Balikpapan," kata Mawardi. 

Mawardi menerangkan bahwa Kemenag Sulsel telah mulai menerima kepulangan jemaah haji dari setiap kloter yang sebelumnya diberangkatkan. Kegiatan tersebut akan berlangsung hingga 3 Agustus mendatang. 

"Hari ini kloter satu Embarkasi Makassar dari kota Makassar jumlahnya 393. Satu meninggal di Arab Saudi akhirnya yang kembali hanya 392 dan satu orang dirawat di klinik haji," sebutnya. 

"Kloter 44 itu hanya 44 orang jadi digabungkan debarkasi Makassar nanti kedatangan transit ke Balikpapan lalu ke bandara Hasanuddin. Embarkasi Makassar yang meninggal hingga sampai hari ini ada 22 orang," tambahnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini