Sukses

Akan Apel Pagi, Anggota Satlantas Kotabaru Akhirnya Berjibaku Tangkap Penjambret

Dengan koordinasi yang baik, aksi mengejar jambret mendapat bantuan dari anggota lainnya yang kemudian memblokade jalan.

Liputan6.com, Kotabaru - Kapolres Kotabaru, AKBP Tri Suhartono melalui Kasi Humas, Ipda Agus Rianto menyebutkan tengah melakukan pengembangan kasus jambret di wilayahnya. Ini terkait setelah dilumpuhkan seorang laki-laki yang diduga pelaku jambret di Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Terkait kejadian jambret di Kotabaru, saat ini Sat Reskrim Polres Kotabaru telah mengembangkan kasusnya, kemudian kepada masyarakat Kotabaru yang pernah mengalami kasus serupa dimohon untuk melaporkan,” kata Ipda Agus Rianto, Senin (3/7/2023).

Disebutkan penangkapan pelaku jambret dilakukan oleh Anggota Satlantas Patwal Polres Kotabaru, Bripka Aris Elly Wijaya. Dengan koordinasi yang baik, aksi mengejar jambret mendapat bantuan dari anggota lainnya yang kemudian memblokade jalan.

“Kapolres sangat mengapresiasi kinerja jajaran dan akan memberikan reward terhadap anggotanya yang berprestasi dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tambah Ipda Agus Rianto.

Kronologi Kejadian

Dijelaskan, sekitar pukul 06.20 Wita, Senin 3 Juli 2023 pagi, Bripka Aris Elly Wijaya melaksanakan rutinitas harian untuk berangkat ke Mapolres Kotabaru guna melaksanakan apel pagi.

Kemudian tidak jauh setelah keluar dari rumah, di sekitar Jembatan Perumnas Hilir atau Jembatan Kuning ada pengendara sepeda motor laki-laki membonceng seorang ibu dengan kecepatan tinggi menyalip kendaraannya.

Setelah diperhatikan ibu yang dibonceng itu adalah korban dan terjatuh dari kendaraan, saat laki-laki yang membonceng korban mencoba untuk melakukan pengejaran.

Bripka Aris Elly Wijaya kemudian menghampiri untuk menolong ibu itu. Berdasarkan keterangan ibu tersebut menyampaikan ke dirinya sambil teriak-teriak minta tolong jika dia telah dijambret.

”Kemudian saya pastikan sebentar bahwa ibu itu baik- baik saja setelah jatuh dari motor, dan sudah kami amankan ke tepi jalan,” tutur Bripka Aris Elly Wijaya.

Selanjutnya dia mendekati seorang laki-laki si pengendara yang tadi membonceng ibunya dan meminta keterangan langsung kepada laki-laki tersebut. Pria tadi menjelaskan bahwa ia baru saja kejambretan, disampaikan jika pelakunya lari ke arah depan menggunakan sepeda motor berwarna merah marun.

Setelah itu, ia berkoordinasi kepada rekan-rekan Anggota Satlantas lainya di lapangan untuk melakukan blokade langsung serta melakukan pengejaran.

Sesampai di depan kantor Pemda Kotabaru, ia mendapati ada kendaraan yang melebihi batas normal kecepatannya dan dicurigai kepada pengendara tersebut adalah terduga.

”Kami terus usahakan untuk mengejar dan mendekati setelah itu, kami pepet dan meminta untuk memelankan kendaraannya tetapi dia malah langsung ngebut sampai ke jembatan pondok musik cell depan Pasar Limbur Raya,” cerita Bripka Aris Elly Wijaya.

Tidak lama, anggota Satlantas berhasil memblokade pengendara tersebut yang diduga jambret. Kemudian dipepet kembali ke kiri bertepatan di depan Bank Danamon.

Saat berusaha untuk mengamankan, pria tersebut justru sempat melakukan perlawanan. Namun akhirnya berhasil diamankan dan dilumpuhkan bersama warga sekitar.

Setelah dilakukan penggeledahan, ditemukan barang bukti dompet dari hasil jambret. Pria tersebut kemudian diamankan.

Kemudian anggota Sabhara Polres Kotabaru untuk menjemput tersangka dan barang bukti jambret ke Mapolres Kotabaru guna proses lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini