Sukses

Mengenal Radio Anak Konata di Solo, dari Anak untuk Anak

Pada awal kemunculannya, radio anak ini mengudara dengan cara streaming melalui aplikasi Solo Destination.

Liputan6.com, Solo - Radio Konata atau Komunitas Anak Surakarta merupakan satu-satunya radio anak di Indonesia. Radio milik Pemerintah Kota Surakarta ini memuat konten tentang dunia anak.

Dalam setiap siarannya, akan diputar lagu anak, menceritakan dongeng, hingga perbincangan seputar anak. Mengutip dari surakarta.go.id, Radio Konata dirintis pada 2015.

Radio ini hadir atas inisiasi FX Hadi Rudyatmo yang saat itu menjabat sebagai Walikota Solo. Saat itu, Hadi meminta Kepala Dinas Perhubungan dan Komunikasi, Yosca Herman, untuk membuat radio anak di Kota Solo.

Pada 2017, Radio Konata pun pertama kali mengudara. Pada awal kemunculannya, radio anak ini mengudara dengan cara streaming melalui aplikasi Solo Destination.

Tak hanya sekadar konsep, Radio Konata juga memiliki penyiar anak. Terkadang, radio ini juga menghadirkan bintang tamu anak-anak yang membahas isu kota dari sudut pandang anak.

Pada saat itu, sosok yang menjadi penyiar radio adalah anak-anak dari FAS, mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Radio Konata juga bekerja sama dengan Radio PTPN untuk memberikan pelatihan dan bekal-bekal penyiaran kepada anak-anak.

Pembentukan Radio Anak Konata juga sekaligus sebagai upaya untuk membentuk kota layak anak di Solo. Seiring perkembangannya, Radio Konata pun banyak meluncurkan program baru yang menarik dan edukatif.

Siaran radio yang memiliki saluran di 102.5 FM ini bisa didengarkan melalui aplikasi Solo Destination. Mengutip dari akun Instagram @radiokonata, siaran radio ini bisa didengarkan on-air selama 24 jam. Selain itu, juga ada program khusus pada pukul 13.00-15.00 WIB.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini