Sukses

Gunung Ibu Erupsi, Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 1.000 Meter

Gunung Ibu yang ada di Pulau Halmahera, Maluku Utara, meletus meluncurkan abu vulkanik setinggi 1.000 meter dari kawah.

 

Liputan6.com, Halmahera - Gunung Ibu yang ada di Pulau Halmahera, Maluku Utara, meletus meluncurkan abu vulkanik setinggi 1.000 meter dari kawah. Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu, Ahmad Basuki mengatakan, erupsi itu terjadi pukul 13.37 WIT.

"Kolom abu teramati berwarna putih dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut," ujarnya, melalui keterangan tertulis.

Ahmad menjelaskan, erupsi Gunung Ibu terekam melalui seismogram dengan amplitudo maksimum 23 milimeter dan durasi lebih kurang sayu menit 39 detik.

Ancaman bahaya erupsi masih jauh dari lokasi pemukiman yang berada 6-7 kilometer dari kawah.

PVMBG merekomendasi agar warga tidak beraktivitas pada radius dua kilometer dan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kacamata).

Gunung Ibu merupakan gunung api bertipe strato volcano yang terletak di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara.

Puncak gunung merupakan kawah vulkanik. Pusat kawah memiliki lebar satu kilometer dan kedalaman 400 meter, sedangkan bagian luar memiliki lebar 1,2 kilometer.

PVMBG menyatakan Gunung Ibu masih dalam status level II atau waspada terhitung sejak 10 Desember 2013 hingga sekarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini