Sukses

Viral Istilah Cawe-cawe, Apa Artinya?

Saat ini, kata cawe-cawe tengah viral dibahas oleh masyarakat khususnya warganet pada saat ini terutama setelah diucapkan oleh Presiden Jokowi pada saat pertemuan di Istana Negara dengan para pemimpin redaksi dan para konten kreator. Istilah cawe-cawe pun menjadi viral dan banyak yang belum mengetahui apa sebenarnya arti cawe-cawe tersebut sampai digunakan oleh Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Bandung - Saat ini, kata cawe-cawe tengah viral dibahas oleh masyarakat khususnya warganet pada saat ini terutama setelah diucapkan oleh Presiden Jokowi pada saat pertemuan di Istana Negara dengan para pemimpin redaksi dan para konten kreator. Istilah cawe-cawe pun menjadi viral dan banyak yang belum mengetahui apa sebenarnya arti cawe-cawe tersebut sampai digunakan oleh Presiden Jokowi.

Ketika itu, istilah cawe-cawe diungkapkan oleh Presiden Jokowi pada saat para pimpinan media menanyakan sosok calon presiden dan calon wakil presiden Pemilu 2024 mendatang. Adapun Jokowi menjawab jika dirinya harus ikut cawe-cawe untuk kepentingan negara.

Tidak heran, saat ini istilah cawe-cawe pun ramai dibahas oleh warganet dan masyarakat Indonesia terutama yang tidak mengetahui arti sebenarnya. Maka dari itu, dalam artikel ini akan dibahas apa sebenarnya arti dari cawe-cawe tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lantas Apa Itu Cawe-cawe?

Melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) istilah dari cawe-cawe merupakan sebuah kata yang diambil dari bahasa Jawa. Istilah tersebut mempunyai arti membantu mengerjakan (merampungkan, membereskan); ikut menangani.

Melansir dari Merdeka.com istilah cawe-cawe mempunyai arti tindakan ikut campur mengenai suatu hal atau urusan yang tak seharusnya menjadi tanggung jawab atau kewenangan seorang.

Sehingga, jika mengambil makna dari apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi bisa jadi berarti tindakan ikut campur dalam hal politik. Istilah cawe-cawe bisa jadi bermakna politis sehingga menimbulkan stigma yang negatif.

Namun, kata cawe-cawe sendiri dapat digunakan oleh siapa saja dan maknanya pun netral sehingga dalam situasi tertentu dapat berubah. Salah satunya saja jika istilah cawe-cawe digunakan dalam dunia politik maka istilah ini pun bisa berubah juga artinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini