Sukses

Bikin Terinspirasi, Ini Fakta Perjuangan IU yang Hari Ini Berulang Tahun

IU merupakan salah satu penyanyi solo terbaik dari Korea Selatan. Kemampuannya diakui dengan berbagai penghargaan yang dia terima sejak memulai debutnya.

Liputan6.com, Jakarta - IU jadi salah satu idola Korea yang dicintai banyak orang. Bahkan, Jungkook BTS pun terang-terangan mengaku fans beratnya IU. Hari ini, penyanyi bernama asli Lee Ji Eun itu sedang berulang tahun, yuk kenalan lebih jauh dengan sosoknya!

IU merupakan salah satu penyanyi solo terbaik dari Korea Selatan. Kemampuannya diakui dengan berbagai penghargaan yang dia terima sejak memulai debutnya.

Tak hanya sampai sana, kekasih aktor Lee Jong Suk ini juga sukses menjadi bintang film. Sejak debut aktingnya pada 2011 lalu, IU telah membintangi banyak drama populer dan juga film. 

Bakat aktingnya juga telah mengantarkan IU pada banyak penghargaan, termasuk Aktris Terpopuler di BaekSang Arts Awards pada 2019 lalu. Baru-baru ini, dia membintangi film Dream bersama Park Seo Jun.

Namun, sepak terjang IU yang dikenal sampai sekarang penuh dengan perjuangan. Bagaimana perjuangan teman duet Suga BTS yang satu ini? Yuk, simak beberapa faktanya!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil IU

Nama: Lee Ji Eun

Nama Panggung: IU 

Nama panggilan: Adik Perempuan Bangsa

Lahir: Seoul, Korea Selatan

Ulang Tahun: 16 Mei 1993

Tanda Bintang: Taurus

Tinggi: 1,62 cm

Golongan Darah:A

Saudara: adik laki-laki

Fandom: Uaena

Warna favorit: kuning

 

3 dari 4 halaman

10 Fakta IU yang Menginspirasi

1. Berasal dari Keluarga Tidak Mampu

Keluarga IU sempat mengalami kesulitan keuangan karena utang. Dalam situasi tersebut, IU dan adiknya tinggal bersama nenek.

Mereka bertiga sempat tinggal di sebuah ruang kecil yang penuh kecoak, sampai mereka pindah ke rumah kerabat. Di sana, IU, adik, dan neneknya malah mendapat pelecehan verbal yang membuatnya bertekad untuk sukses menjadi penyanyi.

2. Ditipu dan dirampok

IU juga sempat menjadi korban tindak kriminal. Saat mencari audisi, IU ditipu oleh sebuah agensi. Mereka memintanya untuk mengirim sejumlah besar uang supaya IU bisa jadi seorang trainee dan tampil di program TV.

Yang membuat IU semakin sakit hati adalah, uang yang hilang itu adalah tabungan neneknya dari hasil jualan aksesoris kecil. 

3. Gagal audisi di JYP

IU sempat mengikuti audisi untuk JYP Entertainment karena dia adalah seorang fangirl g.o.d, tetapi ditolak. Belakangan, ketika Park Jin Young, CEO JYP Entertainment mengetahui bahwa IU tidak lulus audisi JYP, dia langsung ingin memecat siapa pun yang menelepon.

4. Memperbaiki keuangan keluarga

IU memulai debutnya pada tahun 2008. Dia segera menjadi rookie yang sedang naik daun dengan lagu-lagu hit seperti "Boo" dan "Marshmallow". 

Pada tahun 2009, ketika IU telah menabung cukup banyak untuk membalikkan keadaan bagi keluarganya, dia membelikan ayahnya mobil impiannya. Meskipun IU tidak terlalu suka mengungkapkan keluarganya di depan kamera, dia telah membagikan foto-foto Instagram dirinya menikmati kencan dengan ayahnya di perkebunan stroberi. 

5. IU menyerahkan segalanya untuk fokus pada mimpinya

Pada episode Healing Camp, IU berbicara tentang bagaimana dia tidak memiliki keinginan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Saat popularitasnya meningkat, beberapa universitas di Korea menawarkan kesempatan masuk khusus, tetapi dia menolak semuanya. 

Fans memuji keputusannya untuk tetap fokus pada karirnya dan menolak tawaran yang sering menjadi kontroversial di kemudian hari seperti yang dilakukan selebritas lainnya.

“Masuk perguruan tinggi adalah untuk mereka yang bekerja keras untuk itu. Saya bahkan tidak punya waktu untuk benar-benar memiliki kehidupan kampus, jadi saya tidak akan mengejar pendidikan tinggi," katanya.

 

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

6. Bekerja sampai kelelahan dan kesehatan yang buruk

IU membuat para penggemarnya khawatir ketika dia pingsan dan dirawat di rumah sakit, sebelum dia kembali untuk mempromosikan albumnya “Real”. Sejak itu, penggemar mengkhawatirkan kesehatannya, karena dia cukup kurus. 

Meski begitu, IU berusaha untuk tetap sehat dengan berolahraga. Pada 2017, ketika dia tampil di Hyori's Bed and Breakfast, IU mengikuti yoga dengan rekomendasi dari Lee Hyori. IU telah mengunggah video dirinya mencoba berbagai postur yoga untuk menunjukkan bahwa dia sedang berusaha untuk tetap bugar.

7. Dia berjuang dengan gangguan makan

Pada tahun 2014, IU mengungkapkan bahwa dia didiagnosis bulimia. Ini merupakan gangguan emosional yang melibatkan citra tubuh dan keinginan obsesif untuk menurunkan berat badan, yang dapat menyebabkan depresi dan muntah yang diinduksi sendiri. 

Karena itu, dia jatuh ke dalam kebencian diri dan mengasihani diri sendiri. Dia sekarang memiliki jadwal makan yang tetap yang membuatnya tetap di jalur dan sehat.

8. Berhati emas

IU diketahui sering berdonasi diam-diam, namun tetap tercium pers. Beberapa sumbangan dan dukungan yang pernah dia berikan termasuk, membantu anak-anak yang membutuhkan, memberikan beasiswa untuk anak-anak berprestasi yang kesulitan kuliah dari sekolahnya dulu, menyumbang buku ke perpustakaan SMA-nya, dan memberikan dana pendukung untuk pendidikan.

9. Persahabatan sangat penting baginya

IU dan aktris Yoo In Na memiliki persahabatan yang menggemaskan yang menjadi tujuan semua BFF di luar sana. Terlepas dari perbedaan usia yang sangat jauh, IU dan Yoo In Na tetap menjadi salah satu sahabat paling terkenal di industri ini. 

IU bahkan berterima kasih kepada Yoo In Na yang selalu ada di sisinya ketika menerima penghargaan "Album of the Year" di Melon Music Awards 2017.

“Meskipun kita mungkin bukan keluarga sungguhan yang berbagi darah, kamu adalah sahabat terbaikku, penggemar nomor satuku, superstar dan inspirasiku, Yoo In Na. Terima kasih,” katanya.

10. Membelikan kulkas penuh soju untuk G-Dragon

Untuk berterima kasih kepada G-Dragon karena tampil di lagunya yang berjudul Palette, IU membelikannya lemari es yang penuh dengan botol soju!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini