Sukses

Enggak Bakal Bosan Berkeliling, Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Dieng

Wisata Dieng memang menjadi lokasi tepat untuk berwisata dengan sensasi berlibur ala pegunungan yang asri dan alami.

Liputan6.com, Banjarnegara - Dataran Tinggi Dieng menjadi salah satu kawasan yang banyak dikunjungi wisatawan. Suasananya yang asri dan sejuk membuat kawasan ini tak pernah sepi pengunjung.

Wisata Dieng memang menjadi lokasi tepat untuk berwisata dengan sensasi berlibur ala pegunungan yang asri dan alami. Selain udaranya yang sejuk, kawasan ini juga memiliki pesona keindahan alam yang menawan.

Mengutip dari visitjawatengah.jatengprov.go.id, berikut 10 rekomendasi tempat wisata Dieng yang wajib dikunjungi:

1. Gunung Prau

Gunung Prau memiliki pemandangan yang menawan. Gunung dengan ketinggian 2.565 mdpl ini menjadi salah satu gunung yang banyak diincar pendaki.

Saat berada di puncak Gunung Prau, para pendaki akan melihat keindahan panorama matahari terbit, lautan awan, serta lanskap berbagai gunung. Sebagian pendaki menyebut, panorama matahari terbit di Gunung Prau menjadi yang terbaik se-Asia Tenggara.

2. Bukit Sikunir

Selain Gunung Prau, bagi pendaki pemula bisa bergeser ke Bukit Sikunir. Bukit Sikunir memiliki ketinggian 2.300 mdpl.

Dari bukit ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan delapan gunung di sekitarnya. Untuk mencapai Bukit Sikunir, pengunjung harus berjalan selama 30-45 menit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Telaga Cebong

3. Telaga Cebong

Saat berkunjung ke Bukit Sikunir, pengunjung akan melewati Telaga Cebong. Telaga Cebong merupakan lokasi awal mendaki sekaligus area parkir kendaraan.

Tempat ini bisa dijadikan lokasi berkemah. Area ini cukup luas dan bisa menampung ratusan tenda. Para pengunjung biasanya mendirikan tenda di Telaga Cebong sambil menunggu waktu mendaki ke Bukit Sikunir pada dini hari.

4. Telaga Warna

Salah satu destinasi favorit wisatawan saat berkunjung ke Dieng adalah Telaga Warna. Telaga Warna bersebelahan dengan Telaga Pengilon.

Sesuai namanya, air di telaga ini bisa berubah warna, mulai dari hijau, kuning, hingga warna pelangi. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan belerang di dalamnya.

5. Batu Pandang Ratapan Angin

Jika kamu ingin menikmati Telaga Warna dari ketinggian, kamu bisa berkunjung ke Batu Pandang Ratapan Angin. Akses masuk ke lokasi Batu Pandang Ratapan Angin pun berada tak jauh dari Telaga Warna. Selain itu, juga terdapat banyak spot foto menarik.

 

3 dari 3 halaman

Candi Arjuna

6. Candi Arjuna

Kompleks Candi Arjuna merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Terdapat lima candi yang saling berjajar lurus di kompleks Candi Arjuna.

Selain menjadi tempat wisata, tempat ini juga menjadi lokasi ritual cukur rambut gimbal yang diadakan setiap tahun. Menariknya, di sini wisatawan juga bisa menikmati fenomena embun upas atau kristal es yang muncul di Dieng.

7. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang berada di dekat kompleks Candi Arjuna. Tempat ini merupakan salah satu kawah vulkanik yang masih aktif di Dieng. Saat berada di sini, wisatawan dianjurkan memakai masker kerena bau belerangnya yang sangat menyengat.

8. Savana Pangonan

Savana Pangonan merupakan salah satu destinasi wisata di Dieng yang menyimpan keindahan berupa padang rumput liar yang luas. Saat musim kemarau, rumput tersebut akan tampak menguning.

Destinasi wisata ini berlokasi tak jauh dari Candi Arjuna. Dari sini pula, pengunjung bisa menikmati kompleks Candi Arjuna dan Kawah Sikidang dari ketinggian.

9. Telaga Merdada

Telaga Merdada memang tidak sepopuler Telaga Warna. Namun, siapa sangka jika telaga ini merupakan yang terluas di Dieng. Telaga Merdada menawarkan panorama yang eksotis. Terdapat perkebunan kentang di sekeliling telaga yang merupakan perkebunan milik warga.

10. Telaga Dringo

Telaga Dringo memiliki suasana yang tenang dan alami. Berada di ketinggian 2.222 mdpl, Telaga Dringo disebut sebagai telaga tertinggi di Jawa Tengah. Selain itu, kawasan ini juga disebut sebagai miniatur Ranu Kumbolo.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.