Sukses

UTBK-SNBT 2023 Digelar Serentak Diikuti 803.853 Peserta

Tahun ini, materi soal di UTBK-SNBT menggunakan tes skolastik.

Liputan6.com, Bandung - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2023 digelar serentak pada Senin (8/5/2023). Pada tahun ini, UTBK-SNBT diikuti 803.853 peserta.

Ketua Umum Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Prof Mochamad Ashari mengatakan, tahun ini, UTBK-SNBT 2023 digelar dalam dua gelombang. Gelombang I digelar 8–14 Mei 2023, sedangkan Gelombang II digelar 22–28 Mei 2023. Pelaksanaan UTBK-SNBT digelar secara luring di 74 lokasi Pusat UTBK PTN se-Indonesia.

"Hari pertama UTBK-SNBT tidak ada kendala serius, kita sudah koordinasi dengan berbagai instansi supaya membantu pelaksanaan UTBK," kata Prof Ashari dalam konferensi pers di Ruang Executive Lounge Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, disiarkan ulang dalam keterangan tertulis, Bandung, Senin (8/5/2023).

Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember tersebut menjelaskan, secara umum, pelaksanaan UTBK tahun ini tidak ada perbedaan dengan tahun lalu. Perbedaan mendasar terlihat dari materi soal yang diujikan. Tahun ini, materi soal di UTBK-SNBT menggunakan tes skolastik dengan subtes kemampuan kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris.

Tes skolastik, kata Prof Ashari, menekankan pada pengkuran kemampuan kognitif yang dianggap penting dalam keberhasilan mahasiswa selama studi di perguruan tinggi. Kemampuan kognitif merupakan kemampuan yang diperoleh manusia sejak lahir berupa kemampuan logika dan bernalar.

Untuk itu, tes skolastik tidak mengujikan kemampuan hafalan dan akademik peserta selama di sekolah menegah atas, tetapi lebih mengujikan pada kemampuan logika dan nalar peserta.

Tes ini juga disesuaikan dengan Kebijakan Kurikulum Merdeka yang diterapkan Kemendikbudristek. Implementasi kurikulum baru tersebut di tingkat sekolah, yaitu sekolah tidak lagi menerapkan penjurusan keilmuan. Dengan demikian, tes masuk perguruan tinggi juga didesain lebih umum.

"Melalui tes ini, kita bisa mendeteksi apakah anak-anak itu punya potensi kognitifinya bagus. Logikanya kalau bagus dia akan mampu dalam situasi apa pun," kata Prof Ashari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soal Tes Skolastik

Secara teknis, soal tes skolastik tidak lagi berupa pilihan ganda (multiple choice) tetapi menggunakan pilihan ganda kompleks (complex multiple choice). Pihaknya memastikan bahwa penyusunan soal ini sudah dianalisis dengan tim ahli dan sudah disesuaikan dengan kemampuan peserta.

Pelaksana Tugas Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Prof Tjitjik Sri Tjahjandarie menambahkan, saat ini Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan bagi peserta didik untuk memilih dan mengembangkan minat bakatnya. Hal ini memungkinkan peserta didik mempelajari beragam keilmuan di luar yang selama ini dipelajarinya.

Dengan demikian, tes ini digunakan untuk mengukur sejauh mana keberhasilan calon mahasiswa ini untuk mengambil berbagai mata kuliah hingga menyelesaikan studinya.

"Kalau sekadar pintar hapalan, begitu diarahkan ke tantangan keilmuan yang kompleks, dia belum tentu bisa survive. Tes potensi skolastik mengukur kemampuan penalaran dan analisis. Kalau tinggi diharapkan dia dapat menyelesaikan studinya dengan baik," kata Prof Tjitjik.

Pada subtes matematika lebih mengujikan sejauh mana kemampuan penalaran peserta di bidang matematika yang direpresentasikan melalui penalaran dasar. Sementara subtes literasi lebih pada pemahaman peserta terkait bahasa dan kemampuan peserta untuk menarasikan pikirannya.

Selain Prof Ashari dan Prof Tjitjik, konferensi pers tersebut dihadiri Ketua Pelaksana Eksekutif SNPMB Prof Budi Prasetyo Widyobroto, Rektor Unpad Prof Rina Indiastuti dan Ketua BP3 Kemdikbudristek, Dr Rahmawati. Sebelum melaksanakan konferensi pers, rombongan berkesempatan meninjau Pusat Pengembangan UTBK di Kampus Unpad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini