Sukses

Deretan Kue Serabi di Jawa Barat, Jajanan Tradisional Istimewa

Kue serabi banyak ditemukan di berbagai daerah pulau Jawa. Salah satunya Jawa Barat dengan ciri khas dan keunikannya.

Liputan6.com, Jakarta - Serabi merupakan salah satu jenis jajanan tradisional Indonesia yang memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan. 

Seiring perkembangannya, kue serabi tak memiliki ragam varian rasa. Bahkan, kue serabi menjadi salah satu ide bisnis yang populer saat ini. 

Kue serabi banyak ditemukan di berbagai daerah pulau Jawa. Salah satunya Serabi Jawa Barat dengan ciri khas dan keunikannya.

Terbuat dari adonan tepung terigu atau beras yang dicampur santan dan gula. Adonan kue serabi kemudian dipanggang atau digoreng. 

Di Jawa Barat, terdapat berbagai macam serabi yang memiliki cita rasa dan tekstur yang berbeda-beda. 

Berikut adalah beberapa jenis sorabi yang populer di Jawa Barat:

Serabi Bandung

Serabi Bandung adalah sorabi yang berasal dari kota Bandung. Serabi ini terbuat dari campuran tepung beras dan santan yang dicampur dengan gula merah cair, kemudian dipanggang di atas cetakan. Serabi Bandung memiliki tekstur yang lembut dan rasa gula merah yang manis.

Serabi Oncom

Serabi Oncom adalah sorabi yang bahan utamanya adalah oncom atau fermentasi dari ampas tahu. 

Oncom dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung beras, garam, dan bawang putih. Adonan ini kemudian digoreng dan disajikan dengan sambal atau kecap.

Serabi Kacang

Serabi Kacang adalah sorabi yang dicampur dengan kacang hijau yang sudah dihaluskan. Serabi ini biasanya disajikan dengan saus kental dari gula kelapa dan air daun pandan.

Serabi Tape

Serabi Tape adalah sorabi yang dicampur dengan tape ketan atau beras yang sudah difermentasi. Serabi ini memiliki rasa yang sedikit asam dan aroma tape yang khas.

Serabi Pandan

Serabi Pandan adalah sorabi yang ditambahkan ekstrak pandan pada adonannya. Serabi ini biasanya disajikan dengan gula merah cair atau kinca (campuran gula kelapa dan kelapa parut).

Serabi Keju

Serabi Keju adalah sorabi yang dicampur dengan keju parut pada adonannya. Serabi ini memiliki cita rasa yang gurih dan disajikan dengan saus coklat atau saus buah.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keistimewaan Serabi

Serabi adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang memiliki banyak keistimewaan seperti dalam rasa dan tekstur. Memiliki variasi rasa dan tekstur yang berbeda-beda tergantung pada bahan dan cara pembuatannya. 

Ada serabi yang lembut dan manis seperti Serabi Bandung, ada pula sorabi yang gurih dan renyah seperti Serabi Oncom. 

Berikut keistimewaan kue serabi dirangkum dari berbagai sumber:

Mudah ditemukan

Sorabi merupakan makanan yang mudah ditemukan di Indonesia, terutama di daerah Jawa Barat. Serabi dapat ditemukan di pasar tradisional, toko kue, hingga restoran khas.

Bahan-bahan 

Bahan-bahan untuk membuat serabi seperti tepung beras, santan, dan gula merah mudah didapat di pasar tradisional. Bahkan, beberapa jenis sorabi menggunakan bahan-bahan yang sudah terdapat di dapur seperti kacang hijau atau keju.

Camilan

Serabi memiliki ukuran yang kecil dan mudah dimakan, sehingga cocok untuk dijadikan camilan. Serabi juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga memberikan energi yang cukup bagi tubuh.

Nutrisi Baik

Serabi terbuat dari tepung beras, santan, dan gula merah yang mengandung nutrisi seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Beberapa jenis serabi juga ditambahkan dengan bahan-bahan seperti oncom atau kacang hijau yang mengandung serat dan protein nabati.

Itulah beberapa keistimewaan dari makanan serabi. Selain enak dan mudah ditemukan, serabi juga mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh dan cocok dijadikan camilan sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.