Sukses

Ini Beberapa Trik Sukses Kembangkan Penjualan Lewat Platform Tiktok Shop

Terdapat beberapa tips guna meningkatkan volume penjualan melalui platform Tiktok Shop yang dapat dilakukan pengguna.

Liputan6.com, Bandung - Saat ini jumlah pengguna Tiktok di Indonesia mencapai 109,9 juta orang. Angka ini tentu menjadi peluang pangsa pasar yang besar bagi Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM guna meningkatkan penjualan dan memperluas pasar. 

Tak hanya jumlah penggunanya saja yang besar, tapi juga jumlah transaksinya. Sepanjang 2022 nilai transaksi Tiktok Shop di Asia Tenggara telah melampaui Rp 68 triliun.

Brand fashion muslim lokal, Mybamus membagikan kisah sekaligus tips sukses berjualan di platform Tiktok Shop. Event tersebut digelar di Trans Luxury Hotel, Bandung, beberapa waktu lalu. Beberapa kreator Tiktok lain juga turut diundang seperti Kak Jill dan Koh Cun.

Event ini diadakan untuk berbagi pengalaman berbisnis & berjualan oleh para UMKM lewat Tiktok Shop. Mybamus membagikan kisahnya hingga meraih pencapaian 282 ribu followers dengan ratusan ribu item yang laku terjual di dalam akun Tiktok @mybamus.

Trik utama berjualan di platform Tiktok adalah selalu konsisten dalam membuat konten yang menarik. Konsistensi tersebut akan membuat kita menemukan strategi yang tepat dalam mengembangkan penjualan.

Hal tersebut disebut sebagai winning campaign. Artinya, kita menemukan formula yang tepat untuk mengembangkan akun dan penjualan kita di platform Tiktok. Dengan strategi tersebut kita juga dapat menemukan target market yang sesuai dengan brand yang dimiliki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terus Kembangkan Bisnis

Pemilik brand Mybamus Selviana Yuswanto juga memberikan pengingat bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya. “Jangan denial dengan perubahan dan platform-platform baru. Coba saja dan cari peluangnya,” ujarnya, Selasa (2/5/2023).

Trik kedua adalah rutin melakukan live streaming. Bagi kreator Tiktok maupun UMKM, memanfaatkan fitur satu ini sangat penting. Sebab, live streaming adalah salah satu cara terpopuler saat ini untuk menarik perhatian para pelanggan.

Live streaming yang menarik dan komunikatif disukai oleh banyak orang. Fitur satu ini juga dapat kita manfaatkan untuk mempromosikan, memasarkan, hingga menjual produk. Bahkan, penjualan dapat naik drastis lewat fitur live streaming.

Trik ketiga yang rutin dilakukan oleh Mybamus adalah memberikan free sample atau contoh produk gratis kepada kreator-kreator yang sesuai dengan market. Mereka adalah kreator-kreator di Tiktok yang dapat mempengaruhi selera pasar. Ketika mendapatkan free sample, para kreator dapat memposting video dengan keranjang kuning produk yang dipromosikan pada akun mereka masing-masing.

Alhasil, ketiga strategi tersebut menjadi winning campaign yang meningkatkan volume penjualan sekaligus brand image. Inilah yang membuat Mybamus sukses memanfaatkan Tiktok Shop untuk mengembangkan bisnis berskala UMKM-nya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.