Sukses

Ini Dia Menu Sarapan Diet Mediterania, Cocok untuk Diet Pasca Lebaran

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan setelah Lebaran adalah dengan melakukan diet, termasuk diet Mediterania.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak makanan berkalori tinggi yang dimakan selama Lebaran dan libur Lebaran. Dari opor, rendang, hingga aneka kue kering yang tentu saja bisa bikin berat badan melambung dalam waktu singkat. Kini saatnya mengembalikan berat badan ke awal, dengan makanan yang lebih sehat.

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan setelah Lebaran adalah dengan melakukan diet. Kamu bisa melakukan diet Mediterania yang cukup populer di kalangan selebriti. 

Diet ini juga dianggap sebagai salah satu cara makan yang paling sehat, karena fokus pada sayuran, kacang-kacangan, makanan laut dan minyak zaitun. Kamu masih tetap bisa memakan gorengan, daging merah, gula tambahan, lemak jenuh, dengan catatan: harus dibatasi!

Selain itu, mengutip Insider, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa diet Mediterania dapat mengurangi risiko kondisi kesehatan, termasuk diabetes tipe 2, kanker, penyakit jantung, dan penyakit mental.

Meski diet seolah tampak menyiksa dan menyakitkan, namun Kristen Jackson, seorang ahli diet terdaftar menyebutkan bahwa ada banyak menu yang ramah untuk diet Mediterania. Biasanya dia memulai sarapan dengan oatmeal atau menikmati salmon asap di atas roti panggang pada hari-hari tertentu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Oatmeal dengan Buah, Selai Kacang, dan Biji-bijian

Oat mengandung jenis serat yang disebut beta-glucan yang telah terbukti secara klinis dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan resistensi insulin. Selain itu, oat juga mengandung prebiotik yang bagus untuk bakteri baik di dalam usus.

Gandum juga baik dikonsumsi oleh orang dengan sindrom iritasi usus, karena kandungan FODMAP-nya rendah. Artinya, gandum dapat dimakan dengan aman tanpa harus merasakan kembung dan sakit perut.

Buat kamu yang sedang berusaha sekuat tenaga menurunkan berat badan pasca Lebaran, kamu bisa menjadikan oat sebagai menu sarapan rutin. Tambahkan buah beku sebagai pemanis alami untuk menu sarapan sehatmu.

Ada banyak pilihan buah beku untuk menemani oatmeal, salah satunya, buah berry yang mengandung olifenol tinggi. Buah berry juga dapat bertindak sebagai antioksidan dan melawan radikal bebas yang terkait dengan kondisi peradangan seperti kanker.

 

 

3 dari 3 halaman

Makan Siang dengan Salmon Asap dan Roti Panggang

Pilihan menu sarapan lainnya, kamu bisa memilih berbagai macam jenis sayuran atau memilih salmon asap dengan roti gandum panggang.

Salmon asap tinggi asam lemak omega-3 yang memiliki banyak manfaat kesehatan seperti mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan kesuburan. Bahkan, salmon juga memiliki manfaat untuk kesehatan rambut dan kuku.

Sebagai ganti oat, kamu bisa memilih roti gandum yang dipanggang untuk menghasilkan tekstur renyah. Roti gandum juga bisa kamu jadikan asupan nabati tambahan untuk meningkatkan kesehatan usus.

Yang perlu diingat, roti yang terbuat dari gandum utuh sangat baik untuk kesehatan. Roti jenis ini juga mengandung lebih banyak vitamin, mineral, dan serat daripada pilihan roti lainnya.

Mengonsumsi gandum juga banyak dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.