Sukses

Bisa Jadi Pembunuh Kebosanan, Ini 6 Tempat Wisata di Sekitar Candi Borobudur yang Menarik

Berikut tempat wisata sekitar Borobudur sebagai alternatif tujuan wisata.

Liputan6.com, Magelang - Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tempat wisata menarik ini hampir tak pernah sepi pengunjung, terlebih saat libur lebaran tiba.

Namun rupanya, di sekitar Candi Borobudur ada banyak tempat wisata yang tidak kalah menarik. Dikutip dari berbagai sumber, berikut tempat wisata sekitar Borobudur sebagai alternatif tujuan wisata.

1. Svargabumi Borobudur

Bagi wisatawan yang instagenic dan hobi berswafoto, Svargabumi Borobudur dapat menjadi destinasi wisata alternatif selain Candi Borobudur. Lokasinya berada di tengah hamparan persawahan dengan spot selfie menarik, serta pemandangan Candi Borobudur dan Bukit Menoreh.

Sepanjang pematang sawah sudah dipasangi jalan terbuat dari kayu dan bercabang ke 22 spot selfie yang ada di tempat wisata. Wisatawan bebas memilih spot mana untuk dijadikan latar foto.

Ada spot foto dengan pemandangan background candi, spot ayunan, spot di tengah sawah, dan banyak lainnya. Harga tiket masuk tempat wisata ini mulai Rp 30.000 untuk pengunjung dewasa dan mulai Rp 15.000 untuk pengunjung anak.

Svargabumi Borobudur berada di Jalan Borobudur-Ngadiharjo, Sawah, Kabupaten Magelang, atau sekitar 1,5 km dari Candi Borobudur. Wisatawan dapat mengjungi tempat ini pukul 08.00 - 17.00 WIB agar mendapatkan foto yang ciamik.

2. Candi Mendut

Candi Mendut terletak tidak jauh cari Candi Borobudur atau sekitar 4 km. Serupa dengan Candi Borobudur, Candi Buddha ini juga dikelilingi oleh gunung.

Ada Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang menjulang di sebalah Timur. Kemudian, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di sebelah Utara, serta Pegunungan Menoreh di sebelah Selatan.

Tempat wisata Magelang ini juga terletak di antara Sungai Progo dan Sungai Elo. Candi Mendut pertama kali ditemukan pada tahun 1836, bangunannya tertutup tanah serta semak belukar.

Setelah ditemukan, Candi Mendut akhirnya dibersihkan, sayangnya bagian atapnya tidak ditemukan. Candi Mendut berada di Jalan Mayor Kusen, Desa Mendut, Kecamatan Mungkid.

Harga tiket masuk tempat wisata ini dibanderol mulai dari Rp 10.000 per orangnya. Candi Mendut dibuka setiap hari mulai pukul 07.00-19.00 WIB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sungai Elo

3. Sungai Elo

Tempat wisata alternatif di sekitar Candi Borobudur selanjutnya adalah Sungai Elo. Wisatadapan dapat mencoba memacu adrenalin dengan wisata arum jeram di tempat ini.

Sungai ini tak pernah surut meski tengah musim kemarau, sehingga wisatawan tak perlu khawatir. Wisata arum jeram Sungai Elo dibagi menjadi beberapa kelas.

Para wisatawan yang baru hendak mencoba asiknya arum jeram Sungai Elo dapat mencoba kelas II dan III. Setiap perahu arum jeram akan dilengkapi dengan pemandu agar wisatawan tetap aman.

Sungai Elo berada di Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, atau 4,6 km dari Candi Borobudur.

Harga arum jeram Sungai Elo dapat bervariatif, mulai dari Rp 500.000 perkelompok atau puluhan ribu saja per orangnya.

4. Gereja Ayam

Gereja Ayam meruapakan destinasi wisata alternatf yang populer di sekitar Candi Borobudur. Tempat wisata ini menjadi sorotan setelah menjadi lokasi syuting film AADC 2.

Seperti namanya, gereja ayam memiliki bangunan menyerupai ayam. Meski masih digunakan sebagai rumah ibadah, wisatawan dapat mencoba mengunjungi tempat wisata ini.

Gereja Ayam berlokasi cukup jauh dari lahan parkir yang disediakan. Namun tenang, pengelola menyediakan jib untuk para wisatawan.

Meski begitu jika wisatawan ingin berjalan kaki, trek jalan juga sudah tersedia dengan rapi dan nyaman digunakan. Ada berbagai aktivitas seru yang dapat dilakukan di tempat wisata ini.

Mulai dari melihat panorama alam yangindah, berswafoto, hingga meditasi untuk menenangkan diri. Harga tiket masuk Gereja Ayam dibanderol mulai dari Rp 25.000.

Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 - 20.00 WIB.

5. Taman Kelinci Borobudur

Taman Kelinci Borobudur merupakan tempat wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga maupun anak-anak. Ada puluhan ekor kelinci yang dapat diajak berinteraksi langsung dengan wisatawan.

Wisatawan dapat memberi makan dan berfoto bersama. Selain bermain bersama kelinci, wisatawan juga dapat berburu spot foto unik seperti Rumah Hobbit.

Selain itu ada beragam aktivitas seru, mulai dari panahan, trampoline, hingga terapi ikan. Taman Kelinci Borobudur berada di Dusun Parakan, Ngargogondo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Tempat wisata ini buka setiap Sabtu - Kamis, mulai pukul 09.00 - 17.00 WIB. Harga tiket taman Kelinci Borobudur dibanderol mulai dari Rp 25.000 saja.

6. Museum Kapan Samudra Raksa

Museum Kapal Samudra Raksa atau Samudraraksa berjarak sekitar 200 meter dari kawasan Candi Borobudur. Wisatawan dapat melihat koleksi benda bersejarah dan video dokumentasi ekspedisi Samudra Raksa di temapt ini.

Terdapat pula wahan atraksi berupa Adventure of Raka Interactive Cinema. Atraksi baru itu menggunakan teknologi digital berupa tiga animasi dimensional yang diputar di layar LED.

Wahana edukasi ini dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 07.30 - 16.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.