Sukses

9 Minuman yang Menyehatkan dan Menyegarkan untuk Jamuan Lebaran Idul Fitri

Berikut minuman Lebaran Idul Fitri yang segar dan sehat.

Liputan6.com, Yogyakarta - Selain makanan dan camilan, minuman juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan saat menyajikan suguhan untuk tamu. Minuman berupa es sirup biasanya menjadi andalan saat Lebaran Idul Fitri.

Namun, ternyata ada banyak menu minuman lain yang bisa dijadikan jamuan Lebaran. Menyajikan minuman yang tak hanya segar tetapi juga sehat menjadi hal yang utama.

Minuman kemasan yang tinggi kandungan gula dapat berakibat buruk bagi kesehatan, salah satunya meningkatkan risiko diabetes. Berikut minuman Lebaran yang segar dan sehat.

1. Air Kelapa

Berbicara tentang minuman segar tentu tak bisa dilepaskan dari air kelapa. Air kelapa bisa menjadi alternatif minuman saat Lebaran.

Kebaikan air kelapa memang tak perlu diragukan lagi. Kamu bisa menyajikan air kelapa tanpa es batu, dengan es batu, atau dengan menambahkan gula cair merah sebagai penambah rasa manis.

2. Es Blewah

Blewah memang biasa dijadikan sajian minuman yang menyegarkan. Kamu bisa menyerut atau mengeruk blewah dengan alat khusus. Selanjutnya, masukkan blewah ke dalam air berisi es batu. Tak lupa, tambahkan perasan atau irisan jeruk nipis dan madu agar lebih menyegarkan.

3. Es Buah

Es buah merupakan salah satu alternatif minuman Lebaran yang segar dan sehat. Dengan aneka macam buah, suguhan ini akan memberikan banyak manfaat baik untuk tubuh.

Kamu bisa memotong dan mencampurkan aneka buah segar, seperti pepaya, melon, dan semangka menjadi satu. Kemudian tambahkan air es atau susu dan madu sebagai tambahan rasa manis.

4. Es Jeruk Selasih

Es jeruk menjadi salah satu sajian es yang banyak dicari di segala situasi. Kamu bisa menyajikan es jeruk dengan menambahakan biji selasih di hari Lebaran.

Namun, tetap perhatikan takaran gula yang akan digunakan. Cukup tambahkan gula secukupnya untuk mengimbangi rasa asam dari jeruk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Es Timun Suri

5. Es Timun Suri

Es timun suri juga merupakan salah satu minuman khas Lebaran di Indonesia. Timun suri mengandung antioksidan, vitamin C, dan berbagai vitamin lain yang baik untuk tubuh.

Dengan kandungan yang sangat baik, es timun suri dapat menjaga imunitas tubuh. Selain itu, minuman segar ini juga baik untuk pencernaan.

6. Smoothies

Berbeda dengan jus, smoothies diolah tanpa disaring. Hal ini membuat smoothies masih memiliki semua manfaat dari buah maupun sayur.

Kamu juga bisa menambahkan kacang-kacangan atau biji-bijian ke dalamnya. Selain menambah cita rasa, hal ini juga dapat menambah nutrisi pada smoothies.

7. Susu Almond

Susu almond memiliki kadar vitamin E dan omega 9 yang tinggi. Susu ini juga merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh sekaligus memiliki kalori yang cukup rendah.

Selain membuatnya sendiri di rumah, kamu juga bisa membeli susu almond rendah gula dan terfortifikasi dengan berbagai zat gizi.

8. Wedang Jahe

Tak hanya minuman dingin, kamu juga bisa menyajikan minuman hangat yang dapat memberikan manfaat baik untuk tubuh. Salah satu minuman yang bisa kamu sajikan adalah wedang jahe.

Wedang jahe juga bisa menjadi alternatif pengganti kopi hitam. Minuman ini berbahan dasar rempah yang mengandung mineral dan mendukung kinerja bakteri baik dalam saluran pencernaan.

Rebus jahe yang sudah dipipihkan dan campurkan dengan gula merah yang telah dihaluskan. Setelah mendidih, saring minuman tersebut untuk membersihkan ampas jahe. Sajikan selagi hangat.

9. Air Putih

Selain berbagai minuman di atas, air putih masih menjadi minuman yang harus dikonsumsi setiap hari, termasuk saat Lebaran. Untuk menambah kesegarannya, kamu juga bisa menambahkan es batu di dalamnya atau menyajikannya dalam keadaan dingin.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini