Sukses

Barito Putera Harus Menang di Laga Terakhir Kontra Persita, Coach RD Siapkan Strategi Psikologis

Jika dua klub lain mampu memperoleh hasil maksimal, maka bisa saja posisi Barito Putera tergeser dan masuk zona degradasi.

Liputan6.com, Banjarmasin - Liga 1 Indonesia Tahun 2022-2023 telah sampai di puncak laga. Tersisa satu pertandingan sehingga menggenapkan 34 pekan atau pertandingan masing-masing dari 18 klub sepak bola.

Sementara PS Barito Putera berada di posisi 15 dengan poin 35. Meski telah keluar dari peringkat degradasi, akan tetapi dibayang-bayangi oleh dua klub bola yang jika mampu memperoleh hasil maksimal maka bisa saja menggeser posisi klub yang dijuluki Tim Laskar Antasari itu.

Keduanya yakni, PSS (Sleman) berada di posisi degradasi atau peringkat 16 dengan poin 34. Kemudian Dewa United berada di peringkat 17 dengan poin 33, sedangkan Rans Nusantara peringkat 18 tidak mampu mengejar yang hanya mengoleksi 18 poin.

Pada pertandingan akhir liga tahun ini, Barito Putera akan menjamu Persita (Tangerang) yang saat ini berada di peringkat 8 dengan 47 poin. Momen ini menjadi penutup liga sekaligus penentu posisi Barito Putera.

Barito Putera diwajibkan memberikan performa terbaiknya dengan perolehan tiga poin di laga kandang, di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan (Kalsel). Kemenangan laga akhir harus diperoleh pada Jumat 14 April 2023 Pukul 21.30 Wita, atau 23 Ramadan 1444 Hijriah mendatang.

Untuk mencapai harapan itu, Pelatih Kepala PS Barito Putera, Rahmad Darmawan atau (Coach RD) sudah menyiapkan strategi untuk anak asuhnya menghadapi Persita Tangerang nanti.

"Kalau pertandingan terakhir saya justru lebih akan banyak bermain di sisi psikologis," ujar Coach RD, Selasa (11/4/2023).

Hal itu karena, Coach RD meyakini dan mengetahui akan banyak motivasi yang masuk kepada pemain untuk menghadapi lawannya. Tapi yang dipikirkan dari itu akan menjadi bumerang sehingga membuat beban untuk para pemain yang nantinya bisa merugikan penampilanya.

"Oleh karena itu saya mengingatkan kepada pemain untuk tetap oke dengan semangat motivasi yang dimiliki bisa mengendalikan kondisi tersebut menjadi suatu yang positif dan tidak membebani mereka dalam bermain," jelasnya.

Coach RD juga tidak menampik bahwa lawan PS Barito Putera di laga penutup yakni Persita Tangerang adalah lawan yang bagus.

"Terlihat dari hasil pertandingan mereka sebelumnya yang mampu mengalahkan papan atas dengan skor yang begitu telak," ujarnya.

"Ya jadi artinya mereka pasti akan sangat konsisten untuk datang ke kita, tapi sekali lagi ini justru kita jadikan satu motivasi," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semua Pemain Diminta Onfire

Coach RD juga sudah menyiapkan beberapa program latihan dengan mendekatkan beberapa unsur kegembiraan. Diharapkan nantinya para pemain bisa bermain benar-benar dengan lepas.

Sementara CEO klub, Hasnuryadi Sulaiman menyatakan kemenangan menjadi harga mati pada pertandingan pamungkas tersebut.

"Mau tidak mau kemenangan jadi harga mati," ucapnya.

Putra ke-4 founder Barito H Abdussamad Sulaiman HB dan Hj Nurhayati itu meminta kepada seluruh pemain tampil onfire dan ngotot, agar mendapatkan kemenangan demi sebuah marwah serta kehormatan Banua.

“Tentu ingin memberikan yang terbaik bagi banua dilaga terakhir dengan kemenangan untuk menjaga kehormatan tim, suporter dan tentu untuk banua,” tutupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini