Sukses

Tak Hanya Kelinci dan Telur, Ini Dia Tradisi Unik Perayaan Paskah dari Berbagai Negara

Perayaan Paskah mungkin akrab dengan melacak kelinci Paskah atau menghias telur Paskah, tetapi di beberapa komunitas merayakannya dengan cara yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Paskah diperingati oleh seluruh umat Kristen di dunia. Namun, setiap negara rupanya memiliki tradisi perayaan masing-masing. Seperti apa kemeriahan dan keunikan perayaan Paskah dari berbagai negara?

Perayaan Paskah mungkin akrab dengan melacak kelinci Paskah atau menghias telur Paskah, tetapi di beberapa komunitas merayakannya dengan cara yang berbeda. Salah satunya adalah Afrika Selatan dengan melakukan hari ekstra yang menyenangkan dengan merayakan Senin Paskah.

Di sisi lain, banyak tradisi Paskah dengan mendalami ritual keagamaan yang digunakan oleh agama Kristen untuk merayakan kebangkitan Yesus, termasuk beberapa perayaan yang lebih spiritual seperti Pekan Suci dan Prapaskah.

Penasaran dengan tradisi unik perayaan Paskah dari berbagai negara? Yuk, simak ulasannya sampai selesai!

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

10 Tradisi Unik Perayaan Paskah di Berbagai Negara

1. Makan Ham dan Telur Deviled

Kelinci Paskah bukan satu-satunya yang menyukai telur. Banyak orang di seluruh Amerika duduk di sekitar meja makan yang sarat dengan makanan favorit liburan seperti ham dan telur deviled.

Sejak bertahun lalu, ham menjadi pilihan makan malam yang populer, karena karena babi yang disembelih saat musim semi sudah melewati masa persiapan yang cukup selama musim dingin hingga musim semi.

Sementara telur deviled adalah pilihan populer karena cara telur digunakan secara simbolis sepanjang hari raya sebagai simbol kelahiran kembali.

2. Mengenakan Topi Paskah

Tradisi Paskah lainnya di Amerika adalah mengenakan topi Paskah. Topi mewah ini menjadi tambahan yang populer untuk pakaian gereja hari Minggu karena mewakili komitmen sebagai pembaharuan saat dipasangkan dengan pakaian Paskah yang baru.

3. Bersantap di Hot Cross Buns

Di Selandia Baru dan sebagian Australia, menikmati suguhan padat ini pada Paskah, yang terjadi selama musim gugur meteorologis mereka.

4. Mewarnai Telur Paskah Merah

Di Yunani, mereka yang merayakan Paskah dengan mewarnai telur menggunakan warna merah.

Telur berwarna merah tua merupakan simbol ganda karena mereka menggunakan telur untuk melambangkan kelahiran kembali dan warna merah untuk darah Yesus, menandai kembalinya anak Allah dengan penuh kemenangan.

Orang bisa menjadi sangat kreatif dengan telur merah mereka, menciptakan corak yang berbeda, desain yang rumit, dan banyak lagi.

5. Menyalakan Api Unggun

Di beberapa bagian Eropa, orang akan merayakan Paskah dengan menyalakan korek api. Di komunitas Eropa Barat Laut biasanya memulai perayaan dua hari yang dimulai pada hari Minggu dengan menyalakan api unggun.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Menjadi Vegan

Umat Kristen di Ethiopia merayakan Paskah dengan mempraktikkan masa puasa yang mirip dengan Prapaskah di gereja Barat.

Umat Kristiani di wilayah tersebut merayakan "Fasika", yang merupakan kata Amharik untuk Paskah, dan mengacu pada periode 55 hari menjelang Minggu Paskah. Pada masa ini, semua daging dan produk hewani ditiadakan sampai setelah kebaktian Minggu ketika Faskia diakhiri dengan perayaan meriah yang penuh dengan makanan, tarian, dan keluarga.

7. Merayakan Senin Paskah

Di Afrika Selatan, ada hari libur tambahan setelah perayaan hari Minggu yang dikenal sebagai Senin Paskah. Senin setelah Paskah mendapat pengakuan resminya pada 1990-an ketika pemerintah memutuskan untuk memberi warga satu hari libur tambahan dengan teman dan keluarga mereka sehingga mereka dapat memiliki waktu ekstra untuk pulih dari semua kesenangan yang mereka alami selama akhir pekan.

8. Pertunjukan Karpet Penuh Warna

Menjelang Pekan Suci di Antigua Guatemala selatan, kota ini menutupi jalan-jalan dengan karpet warna-warni sebagai persiapan untuk prosesi Jumat Agung.

Karpet panjang terbuat dari bunga, serbuk gergaji berwarna, buah-buahan, sayuran, dan pasir. Beberapa dari karya ini dapat membentang sejauh setengah mil.

9. Makan Omelet Raksasa

Di kota Haux, Perancis Selatan, Paskah dirayakan dengan menyajikan telur dadar dadar raksasa disajikan di alun-alun utama kota. Telur tersebut dibuat denga menggunakan 15 ribu telur hingga dapat dinikmati oleh 1.000 orang.

10. Mengias Pohon dengan Tembakau

Papua Nugini telah menemukan pengganti telur paskah cokelat yang kreatif. Umat Kristen di Papua Nugini menggunakan pohon dan dahan di dekat gereja sebagai pengait untuk menggantung tembakau dan rokok, yang kemudian diberikan kepada jemaat setelah kebaktian gereja pada hari Minggu Paskah.

Itu dia perayaan Paskah yang unik dari berbagai negara. Menurutmu, mana yang paling unik?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini