Sukses

Yuk Kenalan Sama Koofteh, Bakso Persia yang Jadi Makanan khas Ramadan

Koofteh jadi salah satu menu khas Ramadan di Persia. Rasanya gurih dan unik berkat berbagai bumbu dan juga bahan lain yang digunakan.

Liputan6.com, Jakarta - Menu khas Ramadan biasanya identik dengan makanan bercita rasa manis dan juga gurih. Jika Indonesia punya kolak sebagai menu khasnya, di Persia ternyata ada bakso yang disebut Koofteh.

Sebenarnya, bakso memang bukan kuliner baru. Di Indonesia sendiri, bakso bisa dijumpai dengan mudah sebagai teman makan mie. Atau dijadikan camilan dengan cara dibakar, seperti yang banyak dijumpai di Kota Malang.

Sementara di Italia, bola daging disajikan dengan limpahan saus tomat berempah yang menambah cita rasa gurihnya. Selain itu, bakso ala Italia juga biasanya jadi pelengkap aneka pasta. 

Bola daging serupa bakso Italia juga bisa ditemukan di Persia. Jika kamu penyuka bakso dan jatuh cinta dengan bakso ala Italia, kamu bisa semakin jatuh cinta dengan Koofteh.

Koofteh jadi salah satu makanan khas Ramadan di Persia. Rasanya gurih dan unik berkat berbagai bumbu dan juga bahan lain yang digunakan.

Seperti apa sih bakso khas Iran ini? Simak ulasan lengkapnya ya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bola Daging dari Tabriz

Koofteh atau yang juga dikenal dengan nama Tabriz köftesi merupakan makanan khas Ramadan berupa bola daging dari kota Tabriz di Persia.

Dalam bahasa Persia, Koofteh artinya "ditumbuk". Ini mengacu pada proses pembuatannya bertahun-tahun lalu. Ketika itu, Koofteh ditumbuk dengan alu dan lesung besar untuk memberikan tekstur lengket pada daging yang menyatukannya saat dimasak. 

Meski diakui berasal dari Persia, tetapi Koofteh juga ada di berbagai belahan bumi lainnya. Mereka juga memiliki resep khas masing-masing dengan bumbu dan bahan pelengkap yang berbeda.

Bahkan, negara-negara tersebut juga memiliki sebutan masing-masing untuk Kooftehnya. Namun pada intinya, Koofteh tetaplah sebuah bola daging besar yang dicampur dengan beberapa bahan dan bumbu rempah.

Koofteh khas Persia biasanya dibuat dari daging sapi yang dicampur dengan nasi dan kacang polong kuning. Bola daging ini juga diberi bumbu rempah seperti ketumbar, daun tarragon, daun mint, garam, dan merica.

Sebagai pelengkapnya, bola daging besar ini biasanya disajikan menggunakan saus tomat berempah yang gurih. Menu hidangan khas yang satu inilah yang menjadi makanan khas Ramadan di Persia.

Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Meski dari Persia, makanan yang satu ini juga cukup mudah dibuat sendiri di rumah, lho.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.