Sukses

Kuota Mudik Gratis Pemko Medan 5.000 Orang, Cek Tanggal Pendaftaran

Liputan6.com, Medan Pemerintah Kota (Pemko) Medan siap memberangkatkan 5.000 orang ke 12 kota tujuan di Sumatera Utara (Sumut) dalam rangka mudik gratis Lebaran 2023.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar mengatakan, bertajuk Mudik Bareng Pemko Medan 2023, bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan program mudik gratis sudah dapat menyiapkan diri untuk segera mendaftar sebagai peserta.

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 3 April hingga 6 April 2023. Untuk memudahkan masyarakat yang ingin mendaftar, dibuka lewat 2 jalur, yaitu secara online dan offline.

Pendaftaran secara online dapat dilakukan menggunakan Google Form lewat alamat http://forms.gle/guAYTWicmXMynJY59 atau melalui scan barcode yang telah disediakan.

Sementara pendaftaran secara offline atau langsung, Dinas Perhubungan Kota Medan membuka 3 lokasi tempat pendaftaran, Kantor Dinas Perhubungan Kota Medan, Jalan Pinang Baris, Medan Sunggal.

Kemudian, Kantor PKB Amplas, Jalan KH Rifai A Manaf Lubis, Medan Amplas, dan di Taman Ahmad Yani, Jalan Imam Bonjol, Medan Maimun.

"Pendaftaran offline mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB. Masyarakat harus membawa identitas diri saat daftar," kata Iswar, Sabtu, 25 Maret 2023, kemarin.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lokasi Pengambilan Tiket

Diterangkan Iswar, setelah melakukan pendaftaran mudik gratis baik secara online maupun offline, peserta mudik gratis dapat melakukan pengambilan tiket secara langsung.

"Pengambilan tiket di Taman Ahmad Yani mulai tanggal 10 sampai 14 April 2023, pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB," terangnya.

Pemberangkatan dilakukan selama 3 hari berturut-turut, pada tanggal 19, 20, dan 21 April 2023, setiap pukul 14.00 WIB di Jalan Masjid Raya Medan.

"Bagi yang sudah memegang tiket, dapat berangkat sesuai jadwal yang telah ditentukan di masing-masing tiket," Iswar menuturkan.

3 dari 4 halaman

Imbauan untuk Warga Medan

Iswar mengimbau masyarakat maupun yang beraktivitas di Kota Medan dan hendak mudik pada tanggal-tanggal tersebut, segera mendaftarkan diri begitu pendaftaran telah dibuka.

"Kuota peserta mudik dibatasi sampai 5.000 orang, pendaftaran pun akan ditutup jika kuota sudah terpenuhi," ujarnya.

Walaupun pendaftaran dibuka selama 4 hari, jika hanya dalam waktu 2 hari saja pendaftaran dibuka kuota sudah terpenuhi, maka pendaftaran akan langsung ditutup.

"Jadi, kepada masyarakat yang ingin memanfaatkan program mudik gratis ini segera mendaftarkan diri begitu pendaftaran telah dibuka," Iswar mengingatkan.

Masyarakat yang mengikuti program Mudik Bareng Pemko Medan 2023 ini tidak hanya bisa menikmati transportasi mudik secara gratis, tetapi juga akan difasilitasi akomodasi gratis.

"Setiap peserta akan mendapatkan kue kotak untuk berbuka puasa, makan sahur, baju kaos, hingga bingkisan Lebaran untuk keluarga di rumah," Iswar mengungkapkan.

4 dari 4 halaman

12 Kota Tujuan

Adapun 12 kota tujuan di Sumut pada program mudik gratis Pemko Medan di tahun 2023 ini, yakni;

1. Medan - PakPak Bharat (Salak)

2. Medan - Sidikalang

3. Medan - Sibolga

4. Medan - Sipirok

5. Medan - Kota Pinang

6. Medan - Padang Sidempuan

7. Medan - Tarutung

8. Medan - Panyabungan

9. Medan - Natal

10. Medan - Rantau Prapat

11. Medan - Sibuhuan

12. Medan - Gunung Tua

Pada tahun 2022 lalu, Pemko Medan juga menggelar kegiatan mudik gratis dengan kuota 3.500 orang. Besarnya antusiasme masyarakat, Pemko Medan kembali menggelar kegiatan mudik gratis tahun ini dengan meningkatkan kuota menjadi 5.000 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.