Sukses

Kala Warga Medan Sampaikan Keluhan ke Bobby Nasution Soal Harga Beras Mahal

Warga dan pedagang yang tengah melakukan transaksi jual beli di Pasar Sukaramai, Jalan AR Hakim Medan, tiba-tiba diikejutkan dengan kadatangan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, pada Jumat (17/3/2023).

Liputan6.com, Medan Warga dan pedagang yang tengah melakukan transaksi jual beli di Pasar Sukaramai, Jalan AR Hakim Medan, tiba-tiba diikejutkan dengan kadatangan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, pada Jumat (17/3/2023).

Momen itu dimanfaatkan warga dan pedagang untuk menyampaikan sejumlah keluhan yang mereka rasakan selama ini. Salah satunya Ningrum yang mengeluhkan mahalnya harga beras saat ini.

"Tolong lah Pak Bobby, harga beras naik kali. Bagaimana kami yang berjualan ini,” keluh wanita 54 tahun itu, yang sehari-harinya berjualan nasi ayam penyet.

Untuk diketahui, beras medium ukuran 5 Kg biasa Rp 57.000-an naik jadi Rp 59.000 hingga Rp 61.000. Biasanya, harga beras untuk 1 Kg yaitu Rp 9.750, kini melonjak menjadi Rp 15.000.  

Mendengar keluhan warga, Bobby Nasution mengaku akan langsung berkoordinasi dengan Bulog. "Sudah saya minta ke Bulog, biar jatah beras kita untuk Kota Medan bisa ditambah. Manfaatkan KedaiKita, karena harga berasnya lebih murah," ucapnya.

Bobby kemudian berkeliling menemui satu per satu pedagang yang berjualan. Bahkan, menantu Presiden Jokowi itu juga membeli beberapa bahan kebutuhan pokok seperti cabai, bawang hingga tomat untuk dibawa pulang.

Saat peninjauan, Bobby Nasution juga menyampaikan kepada pedagang untuk tidak membayar uang sewa berjualan kepada oknum yang mengaku pengawas pasar. Sebab, lahan tersebut adalah milik Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

"Justru, kalau ada yang bayar lagi, saya gusur. Nah, kalau enggak mau digusur, jangan mau bayar-bayar sama siapa pun," tegasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harapan Pedagang kepada Wali Kota Medan

Kehadiran Wali Kota Medan, Bobby Nasution, di Pasar Sukaramai menjadi harapan tersendiri bagi para pedagang. Kepada orang nomor satu di Pemko Medan itu, pedagang berharap harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok tetap stabil, khususnya menjelang Ramadan.

Bobby Nasution berbincang langsung dengan para pedagang mengenai harga bahan kebutuhan pokok. Salah satunya Andi, pedagang daging lembu. Andi mengatakan, harga daging lembu saat ini Rp 130.000 per Kg, relatif normal tidak ada kenaikan.

Andi berharap kehadiran Wali Kota Medan, Bobby Nasution, di Pasar Sukaramai dapat memonitor harga, sehingga tidak ada kenaikan menjelang Ramadan.

"Saya berharap, Pak Wali Kota bisa menjaga harga dan juga ketersediaan barang kebutuhan pokok agar tetap stabil," harapnya.

Bobby juga menanyakan harga kepada Siti, pedagang cabai, bawang, dan bahan kebutuhan pokok lainya. Dijelaskan Siti, harga cabai merah saat ini Rp 28.000 per Kg, cabai hijau Rp 20.000 per Kg. Bawang merah Rp 28.000 per Kg, dan bawang putih Rp 28.000 per Kg.

"Masih normal, tidak ada kenaikan," ujarnya.

Untuk harga daging ayam juga relatif normal, Rp 27.000 per Kg. Kenaikan harga hanya terjadi di telur ayam, dari harga Rp 1.500 menjadi Rp 1.750, serta harga beras yang juga mengalami kenaikan.

3 dari 4 halaman

Diingatkan Presiden Jokowi

Usai meninjau harga dan kebutuhan pokok di Pasar Sukaramai, Bobby Nasution mengatakan kenaikan harga beras sudah diingatkan oleh Presiden Jokowi untuk terus dilakukan pemantauan. Mengantisipasinya, Pemko Medan berkolaborasi dengan Bulog untuk menyediakan BerasKita yang harganya relatif lebih murah.

"Kita sudah meminta Bulog menambah tonase BerasKita jadi 50 ton setiap harinya, untuk mengantisipasi kenaikan harga menjelang bulan suci Ramadan," ucapnya.

Bobby Nasution juga mengungkapkan telah mengambil langkah untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan bahan pokok tersebut, dengan melakukan kerja sama beberapa daerah.

"Apabila daerah A masih masa tanam, maka kita akan mengambil bahan kebutuhan pokok ke daerah B yang lagi panen," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Antisipasi Kenaikan Harga Beras

Untuk mengantisipasi masalah kenaikan harga beras, PUD Pasar Kota Medan mengambil kebijakan dengan menggelar operasi pasar setiap harinya. Dalam operasi pasar, disediakan beras, minyak makan, dan gula putih.

Dirut PUD Pasar, Suwarno menjelaskan, beras, minyak makan, dan gula putih dijual untuk menjaga stabilitas harga pangan. Harga yang ditawarkan untuk beras 5 Kg yaitu Rp 49.750, minyak makan Rp 13.500 per Kg, dan gula putih Rp 13 500 per Kg.

"Nanti di bulan Ramadan kita juga akan mengadakan pasar murah di beberapa titik," ujar Suwarno.

Hadirnya operasi pasar murah yang digelar PUD Pasar Kota Medan ini memberikan manfaat bagi masyarakat. Salah satunya Risna yang berbelanja beras, minyak makan, dan gula putih. Risna mengaku sangat terbantu dengan adanya pasar murah.

"Sangat terbantu sekali, karena harganya murah, menolong masyarakat," pungkas Risna yang juga mengaku harga bahan pokok lainya di pasar Sukaramai masih normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.