Sukses

Pengamanan F1 Powerboat Danau Toba, Polda Sumut Pasang Alat Canggih Face Recognition

Polda Sumut memasang alat canggih face recognition (pengenalan wajah) dalam mengamankan berlangsungnya ajang internasional F1 Powerboat Danau Toba di Balige, Kabupaten Toba.

Liputan6.com, Balige Polda Sumut memasang alat canggih face recognition (pengenalan wajah) dalam mengamankan berlangsungnya ajang internasional F1 Powerboat Danau Toba di Balige, Kabupaten Toba.

Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Polda Sumut, Kombes Pol Raja Sinambela mengatakan, alat canggih ini didatangkan dari Mabes Polri untuk membantu tugas personel di lapangan melaksanakan pengamanan selama F1 Powerboat.

"Alat canggih face recognition telah dipasang di sejumlah titik, baik itu di pintu masuk utama venue F1 Powerboat, serta tempat-tempat yang menjadi akses penonton," kata Raja, Minggu (26/2/2023).

Dijelaskannya, ada 20 alat face recognition yang dipasang Polda Sumut selama kegiatan perlombaan perahu motor super cepat tersebut.

Alat ini berfungsi untuk mendeteksi wajah-wajah yang telah masuk daftar hitam di Mabes Polri saat mencoba masuk ke venue-venue F1 Powerboat.

"Cara kerjanya, setiap penonton yang ingin masuk ke venue wajahnya harus dideteksi menggunakan mesin face recognition," sebutnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alarm Akan Berbunyi

Diungkapkan Raja, apabila hasil deteksi wajah penonton itu terekam masuk daftar hitam Mabes Polri, maka alarm akan bunyi dan secara real time terhubung ke Mabes Polri.

"Lalu personel di lapangan dengan cepat mengamankan orang yang dicurigai tersebut," ungkapnya.

Alat face recognition juga mampu mendetekasi adanya orang-orang yang hendak menebar teror dengan mencoba menyelinap masuk venue selama kegiatan F1 Powerboat. Alat canggih ini juga terhubung dengan Interpol Polri.

"Nantinya dapat mendeteksi kejahatan internasional saat kegiatan F1 Powerboat. Intinya mesin face recognition diturunkan untuk mengamankan berlangsungnya kegiatan F1 Powerboat," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Pelayanan dan Pengamanan Terbaik

Menjelang kedatangan Presiden Jokowi Widodo atau jokowi beserta rombongan, Polda Sumut melakukan sejumlah kesiapan pengamanan di hari puncak ajang internasional F1 Powerboat di Balige.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi, selaku Kasatgas Humas Operasi Hopal Toba 2023, didampingi Kasubdit Penmas, AKBP Herwansyah, menjelaskan, TNI, Polri dan pemerintah daerah tetap memberikan pelayanan pengamanan di sejumlah titik berlangsungnya F1 Powerboat.

"Alhamdulillah hari pertama dan kedua situasi aman dan kondusif. Hari ini terakhir pertandingan, kita akan memaksimalkan pelayanan pengamanan di tujuh rayon yang menjadi obyek utama pengamanan," Hadi menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.