Sukses

Tips Olahraga yang Tepat Berdasarkan Usia

Orang dewasa membutuhkan sekitar setidaknya 150 menit per minggu aktivitas kardio intensitas sedang atau 75 menit per minggu aktivitas kardio yang kuat, untuk mendapat kebugaran.

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar memang penting untuk dilakukan. Namun, sebaiknya sesuaikan waktu latihan dengan usia. Ini dilakukan untuk menghindari berbagai risiko cidera yang mungkin terjadi.

American Heart Association merekomendasikan setidaknya orang dewasa membutuhkan sekitar setidaknya 150 menit per minggu aktivitas kardio intensitas sedang atau 75 menit per minggu aktivitas kardio yang kuat, untuk mendapat kebugaran.

Namun tentu saja, frekuensi itu perlu disesuaikan dengan usia dan juga kondisi fisik. Nah, untuk bisa tetap bugar dari berbagai latihan fisik, ada baiknya mengikuti beberapa tips olahraga berdasarkan usia seperti berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

7 Tips Olahraga Berdasarkan Usia

Usia 30 -an: Penuaan mulai berakselerasi dalam dekade kehidupan ini, dan Anda mungkin mulai mengalami hilangnya massa otot dan kepadatan tulang. Olahraga teratur dapat membantu memperlambat proses ini.

Usia 40 -an: Perhatikan kebiasaan olahraga Anda. Jika Anda mengikuti rutinitas yang sama terlalu lama, tubuh akan beradaptasi dan Anda mungkin tidak mengalami efek positif yang sama.

Di usia ini, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk berlatih yoga. Latihan ini dapat membantu mengurangi tingkat stres sambil meningkatkan mobilitas, yang keduanya dapat mengurangi risiko penyakit atau cedera.

Usia 50 -an: Ini merupakan masa yang tepat untuk mengambil hobi aktif baru seperti tenis, golf atau seni bela diri, karena belajar gerakan baru merangsang perkembangan otak serta perkembangan fisik. 

Usia 60 -an:  Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan olahraga air yang menggunakan banyak massa otot sekaligus meminimalkan stres pada sendi Anda.

Usia 70 -an:  Lakukan olahraga favorit Anda. Latihan resistensi dapat membantu meningkatkan massa otot tanpa lemak dan meningkatkan kekuatan fungsional Anda untuk kegiatan sehari -hari.

Usia 80 -an: Lakukan aktivitas fisik yang Anda nikmati sesering mungkin. Latihan resistensi dapat membantu mempertahankan kekuatan. Terus mencari kegiatan baru, karena mempelajari keterampilan gerakan baru membantu otak serta tubuh Anda.

Usia 90 -an: Lakukan aktivitas fisik apa pun yang Anda lakukan saat ini dan lakukanlah sesering mungkin. Anda juga bisa minta kepada dokter untuk merekomendasikan program latihan kekuatan khusus untuk kelompok usia Anda. 

Itulah beberapa tips olahraga yang bisa Anda lakuan. Pastikan untuk tetap menjaga kebugaran dengan latihan fisik yang sesuai dengan usia, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.