Sukses

Sensasi Menikmati Menu Angkringan 'Sorjem' dan Kilau Lampu di Bawah Jembatan Bengawan Solo

Bagi pencinta kuliner yang ingin berkunjung ke Kabupaten Blora, Jawa Tengah, tidak akan lengkap tanpa mencoba menu angkringan Sorjem di Kecamatan Cepu.

Liputan6.com, Blora - Bagi pencinta kuliner yang ingin berkunjung ke Kabupaten Blora, Jawa Tengah, tidak akan lengkap tanpa mencoba menu angkringan Sorjem di Kecamatan Cepu.

Angkringan itu tidak pernah sepi pengunjung karena menawarkan makanan nikmat dengan harga merakyat. Angkringan ini telah berdiri sejak adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terkait Covid-19.

Istilah sorjem merupakan singkatan dari 'ngisor jembatan' Bengawan Solo, yang jadi penghubung antara Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pemilik angkringan Sorjem, Bagus Eko Saputro mengungkapkan, bahwa keberadaan angkringannya berawal pada masa pandemi Covid-19, tahun 2021 silam.

"Ini sejak PPKM tanggal 27 November 2021," ujarnya Bagus Eko Saputro kepada Liputan6.com, Selasa (14/2/2023).

Angkringan ini juga menjadi tempat rekomendasi untuk nongkrong bagi anak-anak muda. Sebab, harga makanannya sangat terjangkau tetapi cita rasa menunya tidak perlu diragukan.

"Harga terjangkau, dan barangkali angkringan Sorjem bisa menjadi pilihan buat pencinta kuliner," ungkapnya.

Tempatnya terlihat gamblang saat pengendara melintasi jembatan Bangawan Solo dari Padangan-Bojonegoro menuju Cepu-Blora, yaitu persis di sebelah kiri jembatan tersebut. Banyak sekali menu yang ditawarkan seperti nasi kucing dengan bumbu ayam suwir, panggang, teri, dan pindang.

Selain itu, terdapat juga lauk yang dijejer di atas gerobak, seperti kepala ayam, satai usus ayam, satai telur puyuh, satai sandung lamur dari sapi, tahu dan banyak gorengan yang disediakan untuk menemani nasi. Semua harga yang ditawarkan pun tidak mahal, yakni mulai dari dua ribu rupiah.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Merakyat

"Harga nasi semuanya 3 ribuan, sedangkan lauknya bervariasi, seperti kepala ayam 5 ribuan dan gorengan lainnya seperti tahu, mendoan, dan lain-lain itu 2 ribuan," jelas Bagus, yang juga seorang seniman.

Bagus juga menjual minuman yang barangkali cocok menemani saat nongkrong bersama teman-teman di bawah jembatan Bengawan Solo, yaitu seperti kopi kothok, wedang secang, es teh, es jeruk, dan lain sebagainya.

Adapun bukanya setiap hari sekitar pukul 18.00 WIB hingga larut malam. Selain cocok untuk segala usia karena harganya murah, dari angkringan Sorjem ini, pengunjung juga bisa melihat sungai sejauh mata memandang dengan kilau lampu jembatan yang menerangi pengguna jalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.