Sukses

Sudah Masuk Bulan Rajab, Berikut Amalan yang Patut Dilakukan Umat Muslim

Sekitar dua bulan lagi umat muslim akan memasuki bulan puasa, Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar dua bulan lagi umat muslim akan menghadapi bulan Ramadan. Sejatinya, umat muslim harus mempersiapkan diri agar pribadi siap dan prima menyambut bulan suci.

Pada bulan Rajab, ada amalan-amalan yang bisa kita lakukan agar tidak kaget untuk menyambut puasa. Meskipun tidak ada catatan khusus mengenai amalan di bulan Rajab, kita wajib mengencangkan amalan-amalan baik. Karena kita tidak tahu apakah kita akan sampai pada bulan Ramadan?

Berikut amalan yang patut dilakukan umat muslim agar bekal kita penuh menuju Ramadan:

1. Salat Sunnah Lima Waktu

Mari kita salat sunnah di setiap salat wajib. Amalan ini menjadi amalan plus-plus yang dapat mengisi kekosongan atau kekurangan dalam salat wajib. Salat Sunnah yang ikhlas dan khusyu menjadi rutinitas baru sebagai tanda syukur kepada Allah.

2. Puasa Senin-Kamis

Amalan ini tentu dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana Rasul bersabda:

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: "Puasa pada hari Senin dan Kamis, akan diterima Allah sebagai penebus dosa sepanjang tahun yang lalu." (HR. Tirmidzi)

Dari Abu Hurairah RA, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barangsiapa berpuasa pada hari Kamis, maka Allah akan mengeluarkan dari nerakanya orang yang paling terakhir masuk ke dalamnya pada hari kiamat kelak." (HR. Bukhari)

Dari Aisyah RA, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: "Puasa pada hari Senin dan Kamis adalah memperbaiki dosa-dosa yang terjadi selama seminggu." (HR. Ahmad)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Memperbanyak Baca Al-Qur'an

Sudah lama tidak baca Al-Qur'an? Mari rutinkan kembali agar kita bisa khatam Al-Qur'an di Bulan Ramadan. Jika belum bisa, mari dimulai dari sekarang supaya kita bisa menyelesaikan bacaan Al-Qur'an di Bulan Puasa.

4. Memperbanyak Doa

Doa adalah sarana berkomunikasi dengan Allah SWT. Jika kita bingung apa yang harus dipanjatkan, kita bisa menyelami arti dan makna dari Surah Al-Fatihah (1:1-7), Surah Al-Ikhlas (112:1-4), Surah Al-Falaq (113:1-5), Surah An-Nas (114:1-6), Ayat Kursi (2:255), membaca Doa Nabi Muhammad SAW, "Rabbi zidni ilma" (20:114), membaca Doa Nabi Ibrahim AS, "Rabbana atina fiddunya hasanah" (2:201). Semoga doa-doa ini diterima oleh Allah dan membantu mengatasi masalah kita.

5. Melakukan Sedekah Kebaikan

Ingat, sedekah bukan hanya memberi uang atau materi semata. Namun, sedekah kebaikan bisa dilakukan dari rumah atau lingkungan. Misalnya, mengerjakan pekerjaan rumah seperti mengelap kaca jendela, menyapu dan mengepel, mencuci semua baju anggota rumah, membersihkan garasi dan teras, atau memberi makan kucing dan ayam di halaman rumah. Banyak sedekah kebaikan yang bermanfaat dan membantu anggota rumah yang bisa dilakukan. Jadikan hal ini sebagai kebaikan yang berkelanjutan agar terpatri dalam kebiasaan sehari-hari.

Penulis: Fathia Uqimul Haq

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.