Sukses

Tidak Kalah Eksotis, Berikut Deretan Pulau Tersembunyi di Indonesia

Beberapa pulau di Indonesia masih terbilang jarang diketahui masyarakat dan minim publikasi padahal pesona alamnya tak kalah indah

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia adalah negara memiliki 17.000 lebih pulau. Sebagian dari pulau di Indonesia sudah banyak dikenal dan bahkan menjadi daya tarik wisata.

Namun, sejumlah pulau di Indonesia yang lain dianggap masih belum banyak dikenal oleh publik. Padahal, pulau tersebut memiliki pesona alam yang tak kalah menarik.

Bahkan, beberapa pulau Indonesia masih jarang diketahui oleh masyarakat banyak. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa pulau indah yang bisa dibilang masih tersembunyi:

Pulau Wayang

Pulau Wayang ini berada di Lampung, disebut-sebut sebagi miniatur dari Raja Ampat karena memiliki pemandangan tebing batu yang menjulang tinggi di pantainya.

Tepat berada di Kbupaten Pesawaran, Pulau Wayang ini bernama asli Pulau Kamintara dan juga sering disebut dengan Pulau Botak. Tentu membutuhkan jasa penyebrangan perahu untuk bisa sampai di pulau ini.

Pulau Wayang tidak bergitu jauh dari Pantai Klapa Rapat dan Wisata Tanjung Putus. Jadi, untuk kamu yang sedang menuju ke Pulau Wayang sudah pasti akan melewati dua tempat ini.

Untuk melakukan perjalanan ke Pulau Wayang, maka anda akan dikenakan tarif sewa perahu dengan biaya Rp. 1.000.000 hingga Rp. 1.500.000. Setiap perahu yang disewa dapat ditumpangi oleh 8-10 orang. Sehingga akan terasa ringan jika biaya tersebut dibagi rata.

Pulau Paserang

Pulau Paserang adalah salah satu pulau eksotis yang ada di Sumbawa. Fasilitas yang dimiliki di Pulau Paserang juga lebih lengkap dibandingkan dengan Pulau Kenawa, seperti tersedianya toilet, penerangan listrik, dan juga saung.

Para wisatawan bisa menikmati keindahan Pulau Paserang dengan melakukan trekking. Untuk jalur trekkingnya ada dua jalan, yaitu sisi barat dan sisi timur.

Jika kamu memilih sisi barat, maka kamu bisa menikmati keindahan Gunung Rinjani. Nah, jika kamu memilih sisi timur, maka kamu dapat menikmati hamparan laut biru yang sangat eksotis.

Selain itu, kamu juga bisa berenang atau snorkeling karena ombaknya lautnya yang tenang. Untuk harga tiket masuknya masih gratis lho guys, kamu hanya cukup menyewa kapal untuk bisa menuju pulau eksotis ini, yaitu dengan biaya sewa sekitar Rp 500.000 dengan kapasitas maksimal 10 orang.

Dengan menyewa kapal, kamu juga bisa mengunjungi Pulau Paserang. Pulau Paserang lokasinya berada di Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pulau Kon

Pula Kon adalah wisata yang menawarkan pemandang Pulau Seram yang tenang. Akan sangat cocok untuk kamu yang lebih suka berlibur di tempat-tempat yang tenang atau tidak suka keramaian.

Selain itu di tempat ini kamu bisa bersantai sembari menghilangkan stress dan menenangkan jiwa. Dengan pemandangannya yang masih alami dan indah, udara yang sejuk dan tidak gerah karena di tempat ini juga terdapat banyak pepohonan, itu semua bisa kamu dapatkan jika kamu mampir ke pulau ini.

Beberapa wisatawan yang datang untuk ke Pulau Seram biasanya juga sering mengunjungi Pulau Ini serelahnya.

Pulau Nusa Lembongan

Banyak sekali destinasi menarik di pulau Bali, salah satunya adalah Nusa Lembongan. Walaupun berada di Pulau Sendiri, namun Nusa Lembongan masih ikut Provinsi Bali.

Kamu yang mau lari dari hiruk pikuk kuta, legian atau seminyak, bisa melipir ke Nusa Lembongan, pantai di Nusa Lembongan Bali, tidak kalah cantik dengan pantai yang ada di Bali Selatan.

Pulau Nusa Lembongan atau sering di sebut pulau Lembongan, sebuah pulau kecil yang berada di selat Badung sebelah tenggara pulau Bali. Kemudian, jarak Pulau Lembongan sekitar 10 kilometer dari tempat wisata Sanur.

Selain itu, Pulau lembongan Bali, berdekatan dengan pulau Penida dan pulau Ceningan Bali. Pulau Nusa Lembongan salah satu tempat aman untuk liburan di Indonesia.

Baik aman untuk liburan keluarga bersama anak ataupun untuk liburan bulan madu. Karena penduduk lokal Lembongan sangat menjaga keamanan pulau mereka.

Sebagian besar objek wisata di Lembongan berupa pantai, maka jika anda liburan bersama anak, agar selalu mengawasi anak-anak anda saat berenang di laut. Secara umum harga barang di pulau Nusa Lembongan lebih mahal dari harga barang di pulau Bali.

Alasannya karena semua barang harus dikirim melalui jalur laut dari pulau Bali ke Lembongan. Biaya transportasi membuat harga barang di Nusa Lembongan lebih mahal dari harga barang di Bali.

Pulau Sombori

Pulau Sombori adalah salah satu pulau yang terdapat di Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Walau tergolong sebagai spot dan destinasi petualangan baru, namun perkara mudah untuk Pulau Sombori menyita perhatian para petualang.

Baik yang berasal dari dalam negeri sendiri, dan mancanegara. Oleh karena itu, tidak heran, spot petualangan ini selalu ramai akan pengunjung.

Pulau Sombori, menjadi bagian dengan Morowali di Sulawesi Tengah, spot petualangan ini cepat sekali populer. Perkembangan eksistensinya ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Salah satu faktornya adalah sebaran rekaman foto atau video tentang keindahan alamnya di sosial media.

Penulis: Nila Amalia Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.