Sukses

Rhoma Irama Cover Lagu BTS Jadi Dangdut, Ini 5 Prestasi Lagu 'Butter' di Dunia Musik Internasional

Berikut pencapaian lagu BTS 'Butter' di dunia musik internasional.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kabar Rhoma Irama akan menyanyikan lagu boygrup asal Korea Selatan, BTS, sempat menjadi perhatian warganet. Hanya saja, pihaknya sempat merahasiakan lagu yang akan dipilih.

Hingga akhirnya, Raja Dangdut Indonesia ini pun mengguncang panggung malam puncak HUT Indosiar, Rabu (11/1/2023) dengan menampilkan lagu 'Butter'. Penampilannya pun disambut antusias oleh warganet, khususnya penggemar idol kpop BTS yang dijuluki ARMY.

Bahkan, penampilan tersebut sempat menjadi trending topic Twitter. Butter memang merupakan salah satu lagu populer milik BTS. Lagu ini merupakan lagu kedua dengan lirik bahasa Inggris yang dimiliki BTS setelah 'Dynamite'.

Lagu ini tak hanya populer di negaranya, melainkan juga di dunia musik internasional. Berikut pencapaian lagu Butter di dunia musik internasional:

1. Diputar di Final EURO 2020

Lagu 'Butter' pertama kali dirilis pada Mei 2021. Baru dua bulan dirilis, lagu BTS ini berhasil menjadi salah satu lagu yang dimainkan di final Euro 2020 pada Juli 2021.

Lagu ini memenangkan voting pilihan lagu yang akan diputar di final tersebut. Butter berhasil mengalahkan 'Kill My Mind' milik Louis Tomlinson, 'Bad Guy' milik Billie Eilish, dan 'Yeah' milik Usher. Namun, meski memenangkan voting, nyatanya empat lagu tersebut tetap diputar di final.

2. Pecahkan 5 Rekor Dunia dalam Sepekan

Setelah perilisannya, lagu ini sudah mencetak beberapa rekor yang tercatat di Guinness World Records. Bahkan, beberapa rekor tersebut diraih BTS saat perilisan belum genap dua hari.

Selain itu, lagu ini juga mencatatkan rekor di dua platform musik yang cukup besar, yaitu Youtube dan Spotify.  Rekor-rekor tersebut adalah sebagai video musik dan video musik K-Pop dengan penonton terbanyak dalam 24 Jam pertama di Youtube, video musik dengan penonton terbanyak untuk tayangan perdana di Youtube, lagu yang diputar terbanyak dalam 24 jam pertama di Spotify, dan musisi dengan lagu yang paling banyak diputar di Spotify.

Bahkan, Butter juga menggeser lagu 'I Don't Care' milik Ed Sheeran dan Justin Bieber pada kategori lagu yang paling banyak diputar pada 24 jam pertama di Spotify.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cetak Sejarah di Billboard

3. Cetak Sejarah di Billboard

Selain di Youtube dan Spotify, lagu ini juga memiliki prestasi yang cukup mentereng di Billboard. Butter masuk ke dalam list lagu terpopuler Billboard Hot 100 selama 13 pekan berturut-turut.

Rekor ini berhasil terpecahkan selama 23 tahun dipegang oleh lagu 'I Don't Wanna Miss A Thing' milik Aerosmith. Tak hanya masuk ke dalam list, lagu ini juga menjadi pemuncak peringkat tersebut. Hal ini otomatis membuat BTS menjadi musisi Asia pertama yang debut di puncak Billboard Hot 100 dan bertahan selama 13 pekan.

4. Ditulis oleh Beberapa Penulis Lagu Terkenal Amerika

Lagu ini ditulis oleh RM BTS dan beberapa penulis lagu terkenal Amerika. Beberapa di antaranya adalah Sebastian Garcia, Alex Bilowitz, Rob Grimaldi, Stephen Kirk, Ron Perry, dan Jenna Andrews. Tak heran jika lagu ini menggunakan lirik berbahasa Inggris. 

5. Mendapat Sertifikat Emas di Inggris

Lagu ini juga mendapat apresiasi yang cukup tinggi dari Inggris, yakni dengan mendapatkan sertifikasi emas. Sebelum Butter, beberapa lagu milik BTS juga mendapat penghargaan serupa, yakni 'Dynamite' dan lagu kolaborasi bersama Coldplay 'My Universe'.

British Phonographic Industry (BPI) secara resmi menganugerahkan sertifikasi emas resmi BRIT untuk lagu Butter. Berdasarkan standar sertifikasi BPI, sebuah lagu bisa mendapatkan sertifikasi emas di Inggris ketika telah terjual melampaui 400.000 kopi. BTS juga memiliki tiga album yang meraih emas di Inggris, yakni 'Love Yourself: Answer', 'Map of the Soul: Persona', dan 'Map of the Soul: 7'.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.