Sukses

11 Aneka Sup Khas Indonesia, Segar dan Mengenyangkan

Sup umumnya memiliki cita rasa gurih yang berasal dari kuah kaldu yang khas.

Liputan6.com, Yogyakarta - Indonesia memiliki ragam sajian sup dengan cita rasa lezat. Sup identik dengan hidangan berkuah hangat dengan berbagai racikan di dalamnya.

Sup umumnya memiliki cita rasa gurih yang berasal dari kuah kaldu yang khas. Beberapa jenis sup di Indonesia, di antaranya:

1. Sup Tunjang

Sup tunjang merupakan salah satu sup khas Indonesia asal Pekanbaru. Sekilas, sup ini mirip dengan sup iga.

Namun, tulang sapi yang dijadikan menu utama pada sup tunjang ini adalah tulang bagian kaki. Tulang kaki sapi tersebut dibalut daging empuk dan lembut serta bertekstur kenyal.

Selain memakai kaki sapi, sup ini juga berisi potongan aneka sayuran, seperti kentang, wortel, tomat, dan taburan daun bawang. Tekstur kuah sup tanjung sangat khas, yakni berwarna bening kekuningan yang terbuat dari racikan bawang putih, bawang merah, jahe, kayu manis, dan cengkih.

2. Sup Kaki Kambing

Sesuai namanya, sup kaki kambing terbuat dari campuran kaki kambing dan aneka jeroan yang disiram kuah. Terdapat dua jenis kuah yang digunakan, yakni kuah bening dan kuah putih.

Kuah putih merupakan kuah sup yang ditambahkan santan. Sementara itu, bumbu kuah yang digunakan, di antaranya merica, kaldu kambing, pala, kapulaga, cengkeh, dan bumbu khas Timur Tengah.

Kenikmatan kuah semakin meningkat karena diberi tambahan minyak samin. Kuliner nusantara ini paling pas disantap pada malam hari dengan tambahan acar, nasi, serta kerupuk atau emping.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sup Kimlo

3. Sup Kimlo

Sup kimlo sebenarnya merupakan perpaduan antara budaya Tionghoa dan Jawa. Sup kimlo terdiri dari suwiran ayam, irisan wortel, jamur kuping, soun, kembang tahu, dan bunga sedap malam.

Semua bahan tersebut diletakkan di dalam mangkuk, lalu disiram kuah kaldu ayam. Sup ini memiliki cita rasa khas kaldu yang gurih.

4. Sup Buntut

Sesuai namanya, sup buntut terdiri dari potongan ekor sapi yang dimasak hingga lembut. Selain itu, juga terdapat aneka sayuran, seperti irisan kentang, tomat, wortel, dan disiram kuah kaldu sapi yang gurih. Untuk rasa kuahnya, sup ini memiliki cita rasa gurih yang mirip sup iga.

5. Sup Iga

Sup iga terdiri dari potongan daging iga yang dimasak hingga lembut. Tak lupa, beberapa sayuran juga ditambahkan untuk memperkaya rasa, seperti kentang, wortel, dan siraman kaldu daging yang gurih dan hangat.

Sup iga ini biasanya disajikan dengan taburan seledri, bawang goreng, dan nasi hangat. Untuk memberikan sentuhan segar, kamu juga bisa menambahkan sedikit cuka atau air perasan jeruk limau.

6. Sup Konro

Sup konro merupakan salah satu sup khas Indonesia yang berasal dari Sulawesi Selatan. Seperti sup iga, sup konro juga menggunakan bahan dasar iga sapi.

Bedanya, iga yang digunakan untuk sup konro ini berukuran lebih besar. Iga tersebut dimasak hingga lembut dan disiram dengan kuah kecokelatan.

Kuah tersebut terbuat dari kluwek, ketumbar, cengkih, lengkuas, daun salam, bawang merah, dan bawang putih. Sup konro biasanya disajikan dengan buras, yakni lontong khas Makassar.

 

3 dari 3 halaman

Sup Ikan Batam

7. Sup Ikan Batam

Sup ikan Batam menggunakan bahan dasar ikan tenggiri yang masih segar. Sup khas Indonesia ini sangat cocok disantap untuk kamu yang lebih menyukai sup dengan kuah bening, gurih, dan tak banyak menggunakan bumbu.

Tak perlu khawatir, ikan yang digunakan memiliki tekstur yang lembut tanpa tulang, sehingga mudah ditelan tanpa takut terkena duri. Rasa gurih dari tenggiri segar akan berpadu sempurna dengan kuah bening dan tomat hijau.

8. Sup Saudara

Sup saudara menjadi salah satu sup khas Indonesia asal Pangkep, Sulawesi Selatan. Sup ini menggunakan daging sapi sebagai bahan dasar. Selain itu, sup ini juga disajikan dengan beberapa bahan pelengkap, seperti bihun, perkedel, kentang, jeroan sapi, dan telur.

Nama 'saudara' terinsipirasi dari nama warung Coto Paraikette. Menurut bahasa daerah setempat, 'paraikette' berarti saudara atau sesama.

9. Sup Ikan Patin

Sesuai namanya, sup ikan patin menggunakan ikan patin sebagai bahan dasar. Sup ini memiliki cita rasa segar yang hangat, gurih, dan memiliki kandungan gizi yang berasal dari ikan patin.

10. Sup Ayam

Sup ayam menjadi salah satu hidangan hangat yang selalu hadir di meja makan keluarga. Tak hanya lezat, sup ayam juga bergizi, terlebih jika dikombinasikan dengan sejumlah sayuran.

Sebagai menu rumahan, sajian sup ini biasanya juga ditambah dengan pelengkap lain, seperti bakso, sosis, atau makaroni. Masakan ini menjadi sajian favorit untuk anak-anak karena memiliki rasa lezat dan tampilan yang menggoda.

11. Sup Kikil atau Kaki Sapi

Sup kikil sapi merupakan salah satu sup khas Indonesia yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Sup ini menggunakan daging sapi sebagai bahan utama.

Bagian sapi yang digunakan khususnya adalah bagian kaki. Bagian tersebut memiliki tekstur yang kenyal, sehingga cocok diolah menjadi makanan berkuah, yakni sup.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.