Sukses

Sup Gangan, Kuliner Kebanggaan Warga Belitung

Karena menggunakan bumbu rempah khas Indonesia, kuliner Belitung ini memiliki rasa dan aroma yang khas pula.

Liputan6.com, Belitung - Gangan merupakan kuliner asal Belitung berbahan dasar ikan tenggiri yang dimasak dalam bentuk sup. Kuah sup gangan memiliki cita rasa yang segar dan lezat.

Makanan ini umumnya memiliki warna kuning yang dominan. Rasanya pun cenderung sedikit asam dan gurih.

Mengutip dari indonesiakaya.com, sajian ini mengolah ikan tenggiri segar hasil tangkapan nelayan yang dimasak dengan campuran bumbu-bumbu aromatik. Bumbu-bumbu yang digunakan, di antaranya kunyit, bawang merah, lengkuas, dan cabai.

Karena menggunakan bumbu rempah khas Indonesia, kuliner Belitung ini memiliki rasa dan aroma yang khas pula. Selain itu, tambahan irisan nanas membuat rasa sup gangan menjadi lebih segar.

Meski dibuat dari ikan tenggiri segar, aroma amis khas ikan pada sajian ini tak lagi tercium. Hal ini juga dikarenakan penggunaan rempah yang mampu menghilangkan aroma amis khas ikan.

Selain itu, hal lain yang membuat masakan ini terasa lebih segar adalah cabai yang digunakan. Sup gangan dimasak dengan menggunakan cabai rawit asli Belitung yang memiliki aroma segar dan kuat.

Gangan menjadi salah satu kuliner khas Belitung yang sangat dibanggakan. Para wisatawan yang datang ke Belitung menjadikan kuliner ini ke dalam daftar makanan yang harus dicoba.

Seiring berjalannya waktu, kuliner kebanggaan warga Belitung ini mulai terkenal hingga di luar Belitung. Dengan sekejap, kepopuleran gangan pun menyebar ke berbagai daerah.

Selain berbahan dasar ikan, masyarakat Belitung juga biasa mengolah gangan dengan bahan dasar daging sapi. Gangan yang dibuat dengan daging sapi biasanya disebut dengan gangan darat.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.