Sukses

Daftar 5 Gunung Tertinggi di Indonesia, Salah Satunya Terdapat Salju

Liputan6.com, Bandung - Indonesia termasuk wilayah Ring of Fire atau cincin api. Daerah yang termasuk ke dalam Ring of Fire sering mengalami gempa bumi dan juga letusan gunung berapi.

Maka, tidak heran wilayah Indonesia mempunyai ratusan gunung yang ada di wilayahnya.

Bahkan, dari ratusan gunung tersebut ada ketinggian yang berbeda-beda bahkan salah satu gunung yang paling tinggi ada pada ketinggian 4.000 meter di atas permukaan laut.

Berikut di bawah ini adalah gunung-gunung tertinggi yang ada di Indonesia.

1. Gunung Puncak Jaya Wijaya

Mempunyai tinggi mencapai 4.884 meter, Gunung Puncak Jaya Wijaya menjadi salah satu gunung paling tinggi di Indonesia. Gunung ini menempati posisi nomor satu untuk gunung tertinggi. Bahkan, pada puncak gunungnya terdapat salju karena mempunyai suhu sangat dingin.

Lokasi dari Gunung Jaya Wijaya sendiri ada di Provinsi Papua. Tidak hanya menjadi Gunung paling tinggi, gunung ini juga merupakan gunung kapur terbesar di Indonesia.

Jaya Wijaya juga mempunyai nama lain yaitu Carstensz Pyramid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci berada di perbatasan Kerinci, Provinsi Jambi dengan Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Solok Selatan.

Gunung ini juga berada pada ketinggian 3.805 mdpl dan menjadi gunung tertinggi kedua setelah Gunung Puncak Jaya Wijaya.

Gunung Kerinci merupakan Gunung berapi tertinggi di Pulau Sumatera dan juga gunung berapi tertinggi di wilayah Indonesia.

3 dari 5 halaman

3. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani menjadi salah satu gunung yang banyak disukai dan terkenal pada kalangan pendaki. Pemandangan yang indah bisa terlihat dari gunung ini terutama melihat padang rumput luas dan hutan tropis.

Gunung Rinjani berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan mempunyai ketinggian sekitar 3.762 meter dan termasuk kedalam bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang seluas 41.330 ha.

4 dari 5 halaman

4. Gunung Semeru

Semeru menjadi gunung paling tinggi keempat di Indonesia karena mempunyai ketinggian sekitar 3.676 meter dan mempunyai bagian puncak tertinggi yang dikenal dengan nama Mahameru.

Gunung Semeru adalah gunung api tertinggi di Pulau Jawa. Berlokasi di dua kabupaten yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

5 dari 5 halaman

5. Gunung Sanggar

Gunung Sanggar termasuk kedalam jajaran gunung tertinggi di Indonesia karena mempunyai ketinggian sampai 3.564 meter. Gunung yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat ini menjadi gunung tertinggi kedua di wilayah NTB setelah gunung Rinjani.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS