Sukses

Rekrutmen BUMN Batch 2 Telah Dibuka, Berikut Cara Daftar dan Alur Pendaftarannya

Liputan6.com, Bandung - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat ini tengah membuka kembali lowongan rekrutmen bersama batch kedua dengan lowongan kerja dari sekitar 30 perusahaan. Adapun pendaftaran rekrutmen ini dibuka dari 1 sampai 7 Desember 2022 yang bisa diakses melalui situs resmi dari BUMN.

Ada sekitar 890 posisi yang dibutuhkan oleh BUMN pada rekrutmen bersama batch 2. Adapun lulusan yang bisa mengikuti rekrutmen ini mulai dari lulusan Diploma, S1 hingga S2.

“Tersedia lebih dari 890 posisi sesuai dengan kebutuhan masing-masing BUMN. Eksplorasi peluang karir kamu yang tersedia di berbagai BUMN. Talenta terbaik yang memiliki ijazah Diploma, S1 dan S2 dapat ikut mendaftar,” mengutip dari Instagram BUMN.

BUMN juga menegaskan bahwa rekrutmen ini bebas biaya dan memperingatkan para pelamar untuk hati-hati terhadap penipuan serta hoaks yang mengatasnamakan Kementerian BUMN serta Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Selain itu, pendaftaran hanya bisa diakses dalam situs resminya https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/home.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Cara Melamar

Ada beberapa tata cara yang harus diikuti oleh pelamar untuk bisa mendaftar kepada lowongan-lowongan kerja yang tersedia, seperti berikut:

1. Pelamar BUMN hanya bisa mengakses rekrutmen ini melalui situs web resmi yaitu https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id jika situs sudah terbuka pelamar yang belum mempunyai akun bisa mendaftar akun terlebih dahulu.

2. Adapun alamat e-mail pribadi dan nomor seluler wajib aktif agar bisa mengikuti proses seleksi. Pelamar dilarang menggunakan alamat e-mail milik orang lain ketika proses pendaftaran tersebut.

3. Data-data dan dokumen yang telah dimasukkan harus diperiksa kembali sebelum benar-benar mendaftar karena ketika sudah melamar data yang sudah dimasukan tidak bisa diubah ataupun dikoreksi.

4. Ada beberapa data wajib yang akan dibutuhkan ketika melakukan registrasi online yaitu mulai dari Foto profil, KTP, Ijazah atau surat keterangan lulus, Transkrip nilai, SKCK, dokumen lain (sertifikat pelatihan, bahasa inggris, dll), serta surat rekomendasi yang bisa diunduh di situs web tersebut.

5. Perlu diperhatikan juga bilamana terdapat dokumen lebih dari satu wajib untuk disatukan dalam satu file dokumen.

3 dari 3 halaman

Alur Pendaftaran

Melansir dari situs resmi rekrutmen bersama BUMN, terdapat alur pendaftaran yang diberikan. Namun jadwal tersebut juga bisa berubah berdasarkan keputusan panitia rekrutmen dan seleksi. Berikut adalah alur pendaftarannya.

1. Tahap 1: Registrasi Online (1 Desember - 7 Desember 2022).

2. Pengumuman Tahap 1: Registrasi Online (Desember 2022).

3. Tahap 2: Tes Online Tahap 1 yaitu berupa Tes Kompetensi Dasar & AKHLAK (21 Desember - 28 Desember 2022).

4. Pengumuman Tahap 2: Tes Online Tahap 1 (Desember 2022).

5. Tahap 3: Tes Online Tahap 2 yaitu berupa Tes Bahasa Inggris (8 Januari - 10 Januari 2023).

6. Pengumuman Tahap 3: Tes Online Tahap 2 (Januari 2023).

7. Tahap 4: TKB, Wawancara dan MCU yaitu Pelaksanaan Tes Kemampuan Bidang (TKB), Wawancara dan MCU yang dilakukan sesuai dengan ketentuan dari masing-masing BUMN (20 Januari - 28 Januari 2023).

8. Pengumuman Final Calon Pegawai BUMN (Januari 2023).

9. Inaugurasi (31 Januari 2023).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS