Sukses

Erick Thohir Beberkan Lokasi Ngunduh Mantu Kaesang-Erina, Bukan Mangkunegaran

Liputan6.com, Solo - Menteri BUMN, Erick Thohir membeberkan terkait prosesi kirab pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono yang akan digelar di Solo pada 11 Desember 2022, mendatang.

Nantinya prosesi ngunduh mantu bakal digelar di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung. Sedangkan pesta pernikahannya digelar di Pura Mangkunegaran.

Erick Thohir bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyaksikan prosesi gladi kirab pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran. Pada gladi kirab kali ini, calon mempelai berdua yang naik kereta kencana diperankan oleh orang lain.

Menurut Erick Thohir, prosesi ngunduh mantu pernikahan Kaesang dan Erina tidak dilaksanakan di Pura Mangkunegaran melainkan di rumah dinas wali kota, Loji Gandrung, Solo.

Setelah semua prosesi di rumah dinas selesai, kedua mempelai akan naik kereta kencana untuk dikirab menuju Pura Mangkunegaran, Solo yang berjarak sekitar 1,8 kilometer.

“Ya rencana gitu (kirab). Jadi itu ada kurang lebih 9 sampai 10 kereta ya di mana nanti pengantin menyapa. Lalu masyarakat ya beraktivitas normal,” kata dia di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu (27/11/2022).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Gelar Pasar Rakyat di 9 Titik

Perlu diketahui, pelaksanaan kirab nanti bakal berbarengan dengan kegiatan car free day di Jalan Slamet Riyadi, Solo yang digelar setiap hari Minggu. Bahkan, untuk memeriahkan kirab pernikahan Kaesang dan Erina bakal digelar pasar rakyat di sejumlah titik di jalur yang dilalui iring-iringan kereta kencana.

“Tapi kan di situ juga kita siapkan bagaimana ada pesta rakyat, ada sembilan titik pasar rakyat. Ada musisi dari masyarakat, kesenian dari masyarakat. Kita libatkan lah. Tapi detailnya saya  begitu ingat tapi di kanan kiri ada sembilan (pasar rakyat),” sebutnya.

Sedangkan terkait prosesi di Pura Mangkunegaran, Erick Thohir mengaku sangat menghormati ada istiadat yang ada di lingkungan istana kadipaten tersebut. Sehingga selama di Pura Mangkunegaran hanya prosesi tasyakuran yang disajikan dengan jamuan makan.

“Kita juga hormatkan di sini. Jadi di sini lebih tasyakuran lah begitu ya jadi bukan sesuatu yang kita merubah-ubah adat istiadat yang sudah kita pahami dan hormati,” ujar dia.

3 dari 3 halaman

Pertama Kali Orang Luar Nikah di Pura Mangkunegaran

Sementara itu Pengageng Kemantren Langenpraja, Pura Mangkunegaran, GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo mengatakakan selam di Pura Mangkunegaran tidak ada prosesi adat untuk pernikahan Kaesang dan Erina. Menurutnya semua prosesi adat ngunduh mantu dilakukan di Loji Gandrung.

“Jadi di sini hanya tasyakuran saja. Ya hampir mirip dengan gala dinner, tidak ada adat sama sekali,” kata kakak kandung KGPAA Mangkunegara X.

Menurut dia, resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang bakal digelar di Pura Mangkunegaran merupakan yang pertama kalinya dilakukan di luar keturunan bangsawan keluarga Pura Mangkunegaran.

“Iya baru pertama kali tapi beliau kan putra Bapak Presiden,” ucap dia.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS