Sukses

Covid-19 XBB Ditemukan di Riau, Dinkes Kebut Vaksin Booster Kedua Lansia

Liputan6.com, Pekanbaru - Penambahan kasus konfirmasi Covid-19 di Riau dalam beberapa hari terakhir terbilang tinggi. Berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Provinsi Riau pada 22 November 2022, ada 74 kasus baru. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Zainal Arifin menjelaskan, varian Covid XBB sudah terdeteksi di Bumi Lancang Kuning. Hingga kini ada 12 temuan setelah dinas mengirim sampel ke Jakarta. 

"Paling banyak di Pekanbaru, ada 5 pasien," kata Zainal, Rabu siang, 23 November 2022.

Angka tersebut diprediksi bertambah karena sampel yang dikirim dari September hingga Oktober 2022. Saat itu ada 250 sampel Covid-19 dari Riau yang dikirim ke Kementerian Kesehatan. 

Sebagai tindak lanjut, tambah Zainal, Gubernur Riau Syamsuar mengeluarkan surat edaran kepada dinas kabupaten dan kota terkait percepatan vaksin booster. 

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Booster Kedua Lansia

Zainal menerangkan, Kementerian Kesehatan pada 22 November sudah mengeluarkan surat edaran vaksin booster kedua. Khususnya kepada warga lanjut usia. 

"Warga lansia sudah boleh vaksin booster kedua karena merupakan kelompok rentan dan gampang sakit bergejala, jaraknya antara booster pertama dan kedua yaitu 6 bulan," jelas Zainal. 

Sebagai informasi, kasus aktif Covid-19 di Riau yang tengah menjalani isolasi mandiri ada 414 orang. Selanjutnya yang dirawat di rumah sakit ada 71 warga. 

Sejak Riau dilanda pandemi Covid-19, sudah ada 153.741 terpapar virus corona. Dari jumlah itu, ada 148.748 warga yang dinyatakan sembuh dan 4.508 meninggal dunia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.