Sukses

Hitam dan Putih Kotoran Cicak, Mengapa Bisa?

Cicak merupakan salah satu hewan yang sering kita jumpai di rumah.

Liputan6.com, Bandung - Cicak merupakan salah satu hewan yang sering kita jumpai di rumah. Hewan ini sering kali berkeliaran di sekitar dinding rumah dan bahkan bisa hidup berdampingan dengan manusia.

Cicak biasanya berkeliaran pada malam hari dan berjalan-jalan di dinding atau langit-langit rumah. Hewan nokturnal tersebut mencari makan dengan memakan hewan kecil mulai dari lalat, nyamuk, sampai serangga kecil lainnya.

Dalam primbon Jawa, cicak dikenal sebagai hewan yang dipercaya bisa mendatangkan celaka seta kesialan. Jika seekor cicak terjatuh di pundak atau punggung seseorang, diramalkan bahwa orang tersebut akan mendapatkan kesialan.

Adapun jika cicak jatuh di tangan atau kaki bisa mendatangkan kerugian yang besar yang akan dialami keluarga.

Cicak juga dalam Islam dikenal sebagai hewan yang fasik atau boleh dibunuh. Hal tersebut bahkan menjadi sunah karena binatang ini merupakan pengganggu yang bisa membawa penyakit karena makanannya yang biasanya mengonsumsi nyamuk.

Namun, tahukah kamu bahwa ketika cicak mengeluarkan kotorannya mempunyai ciri khas yang unik? Ya, warna kotoran cicak yang berwarna hitam dan putih serta mempunyai bau yang khas.

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kandungan Zat Sisa

Lantas untuk kamu yang bertanya-tanya mengapa cicak mempunyai kotoran berwarna hitam dan putih ternyata karena cicak mempunyai kandungan zat sisa yang ada di dalamnya.

Ketika cicak membuang kotorannya, warna hitam adalah warna yang muncul pertama. Hal tersebut berasal dari feses atau zat sisa yang berasal dari sekresi dari tubuh cicak tersebut.

Kemudian warna putih berasal dari kandungan zat garam amonia yang berasal dari proses sisa daur ulang urine cicak tersebut. Maka dari itu, kotoran dari cicak ketika keluar merupakan paduan dari dua zat dalam tubuh yaitu warna hitam dari defekasi dalam bentuk feses dan warna putih dari sisa amonia dari urine.

Namun terlepas dari pengetahuan tersebut, bisa jadi Tuhan membuat keunikan dalam kotoran cicak tersebut agar mudah ditemui oleh manusia. Karena cicak hidup berdampingan dengan kita, jika ada kotorannya tentu kita bisa mengetahuinya dan harus langsung membersihkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.